Wabah Virus Monkeypox di Beberapa Negara, Pelajari Lebih Lanjut

Virus monkeypox muncul, menjadi pembicaraan akhir pekan. Bahkan beberapa negara tetangga sudah bersiap menghadapi pandemi dan bioterorisme dengan vaksin virus ini.

Setelah hampir selesai dengan pandemi Covid-19 yang mewabah di seluruh dunia, kini muncul virus baru. Beberapa negara telah melaporkan kasus ini dan bahkan mengatakan mereka waspada.

Spreadnya juga termasuk dalam kategori cepat. Secara alami, banyak orang mulai khawatir tentang hal ini dan memikirkan kemungkinan wabah.

Namun, kita tidak perlu panik ketika mengalami hal ini lagi. Membekali diri dengan pendidikan akan lebih baik, agar tidak mudah terkena berita hoax.

Baca juga: Gejala Memiliki Virus yang Harus Diwaspadai Sejak Awal

Wabah Virus Monkeypox di Beberapa Negara

Laporan dari beberapa negara menyebutkan bahwa ada orang yang terinfeksi dan serius. Negara tetangga Singapura menjadi tempat pertama kali penyakit ini muncul.

Saat terkena virus ini, orang akan mendapatkan bintil bernanah yang muncul di area kulit. Cacar yang muncul akan berair dan biasanya muncul pada area lipatan tubuh.

Selain itu, ketika kondisinya semakin parah, akan terjadi pembengkakan di area kelenjar getah bening. Penyakit ini sudah ada sejak tahun 70-an dan muncul kembali.

Tentu hal ini mengerikan karena tidak hanya bisa menyerang usia tertentu. Semua umur bisa terkena virus ini tanpa terkecuali.

Baca juga: Virus Marburg Dengan Kasus Kematian Pertama di Afrika Barat

Penyebaran Virus Cacar Monyet

Beberapa negara yang memiliki penyakit ini tampak waspada dan menggelar vaksin pencegahan. Hal ini karena penyebaran virus ini cukup mudah dari orang ke orang.

Selain itu, biasanya akan menyebar melalui hewan. Sesuai dengan namanya, hewan pengerat, seperti primata, tikus, monyet, bahkan tupai bisa terinfeksi virus ini.

Baca Juga :  Gejala Sakit Tenggorokan Paling Umum, Ketahui Penyebabnya!

Ketika datang ke hewan, itu akan menular ke manusia dengan cepat. Penyebaran semacam ini jelas cukup mengerikan dan sangat berbahaya jika sampai ke tanah air.

Inilah mengapa virus itu akhirnya diberi nama Monyet. Pasalnya, penyebarannya melalui hewan pengerat seperti itu.

Baca juga: Manfaat Hand Sanitizer Selain Membunuh Virus

Proses Penerapan

Berhati-hatilah jika Anda melakukan kontak sehari-hari dengan beberapa hewan yang telah kita bahas sebelumnya.

Karena Monkeypox, nama lain dari virus ini, dapat menyebar dengan mudah jika bersentuhan langsung dengan hewan tersebut.

Mulai dari hidung, mulut, dan luka di tubuh kita. Saat terkena air liur hewan yang terinfeksi, secara otomatis akan menyebar dan menyerang manusia.

Selain itu, saat terkena gigitan dan cakaran hewan akan mungkin terjadi. Oleh karena itu, untuk menghindarinya kita bisa meminimalisir kontak langsung dengan hewan tersebut.

Kita tidak perlu khawatir, selama ini kasus penularan antar manusia cukup rendah karena memakan waktu lama kecuali dari hewan langsung.

Mulai merubah kebiasaan dan menjaga kebersihan akan menjadi langkah yang tepat untuk solusi penyebaran virus monkeypox ini. (R10/HR-Online)