Tips Menu Buka Puasa Sehat Dikonsumsi, Jangan Makan Saja!

Tips menu buka puasa yang sehat dapat mengembalikan energi dan nutrisi tubuh setelah seharian berpuasa. Buka puasa adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh sebagian besar umat Islam selama bulan Ramadhan.

Setelah seharian penuh menahan lapar dan haus, saat itulah umat Islam yang berpuasa diperbolehkan makan dan minum.

Maka dari itu, banyak orang yang secara khusus menyajikan berbagai menu untuk berbuka puasa.

Dalam hal ini, mengonsumsi makanan sehat saat berbuka puasa penting untuk Anda lakukan. Pasalnya, tubuh membutuhkan asupan nutrisi setelah seharian berpuasa.

Baca juga: Makanan Penambah Energi Saat Puasa, Bikin Badan Lebih Semangat!

Sebagian besar orang Indonesia mengidentifikasi momen berbuka puasa dengan berbagai hidangan manis dan mengenyangkan. Mulai dari kolak santan hingga gorengan.

Tapi tahukah Anda, semua jenis menu buka puasa bukanlah kategori menu buka puasa yang sehat.

Padahal, semua menu tersebut memiliki kandungan gula yang tinggi dan serat lemak jenuh. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengikuti beberapa tips menu buka puasa yang sehat di bawah ini:

tanggal

Bagi sebagian besar umat Islam, kurma merupakan makanan wajib saat berbuka puasa. Pasalnya, buah yang satu ini merupakan rekomendasi langsung dari Nabi Muhammad SAW.

Buah arab ini mengandung kandungan gula alami. Sehingga saat mengkonsumsinya dapat mengembalikan energi yang hilang setelah berpuasa.

Selain itu, kurma juga mengandung mineral yang baik untuk tubuh. Sehingga mengkonsumsi kurma saat berbuka puasa merupakan pilihan yang tepat dan sehat.

Baca juga: Manfaat makan kurma untuk kesehatan tubuh, simak kandungan nutrisinya

Salad Buah atau Sayuran

Tip menu buka puasa sehat lainnya adalah makan salad buah atau sayuran. Menu ini kaya akan vitamin dan serat. Dengan mengonsumsi sayur dan buah saat berbuka puasa, Anda bisa mengembalikan energi yang hilang.

Baca Juga :  Makanan yang Harus Dihindari Saat Promil Agar Cepat Hamil!

Hal penting lainnya, mengonsumsi salah satu tips menu buka puasa ini tidak akan membuat perut terasa kenyang. Ini akan membuat momen buka puasa Anda semakin menyenangkan.

sup

Makanan berkuah seperti sop bisa menjadi pilihan menu buka puasa yang sehat. Tidak hanya memiliki kandungan cairan yang banyak, sayuran yang terdapat dalam sup memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Tips menu buka puasa sehat ini bisa Anda buat dengan mencampurkan berbagai bahan sayuran segar, ayam, bakso, jamur, dan berbagai bahan sehat lainnya.

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Saat Puasa, Puasa Badan Lebih Lancar

puding buah

Beralih ke makanan manis, salah satu menu yang cukup direkomendasikan sebagai menu berbuka puasa adalah puding buah.

Puding dan buah sendiri merupakan dua masakan yang memiliki kandungan serat dan vitamin yang tinggi. Jika Anda menggabungkannya, tentu Anda akan mendapatkan lebih banyak manfaat.

Anda dapat menggabungkan puding dan buah yang sama. Biasa juga berkreasi dengan memadukan berbagai rasa sesuai selera Anda. Jangan lupa untuk tetap banyak mengonsumsi air putih dan makanan bergizi lainnya. (R10/HR-Online)