Tips Menjaga Kesehatan Saat Puasa, Puasa Badan Lebih Lancar

Tips menjaga kesehatan saat berpuasa merupakan hal penting yang perlu kita perhatikan. Saat ini umat Islam di seluruh dunia telah memasuki minggu pertama bulan puasa.

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah mengenai kesehatan tubuh saat berpuasa.

Jika tubuh dalam keadaan sehat, maka dalam menjalankan aktivitas sehari-hari (bekerja) dan beribadah dapat berjalan dengan baik. Dengan demikian, puasa tidak akan terganggu.

Baca juga: Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa dengan Cara Mudah

Tips Menjaga Kesehatan Selama Puasa Ramadhan

Puasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu ibadah yang wajib diikuti oleh setiap muslim di dunia. Jadi, agar puasa dan ibadah lainnya bisa berjalan dengan lancar, sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Berikut beberapa tips menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa, antara lain:

Jangan tinggalkan sahur

Hal penting pertama yang tidak boleh Anda lewatkan adalah sahur. Dalam puasa, Anda harus tetap terjaga dan makan secukupnya saat fajar.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi saat sahur.

Saat sahur, sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Seperti beras merah, roti gandum, singkong, jagung, dan sebagainya.

Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi sayur dan buah agar tubuh ternutrisi dengan baik. Inilah salah satu tips menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa yang juga perlu diperhatikan.

Baca juga: Tips Sehat Memilih Menu Sahur Agar Puasa Tidak Terganggu

Konsumsi Air Minum yang Cukup

Buka puasa bisa menjadi waktu yang tepat untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah seharian berpuasa.

Baca Juga :  Makanan pantangan bagi penderita asma, hindari jika tidak ingin kambuh!

Anda tetap harus minum air putih yang cukup. Minum berlebihan juga bisa membuat perut Anda terasa mual dan sakit.

Konsumsi Makanan Bergizi

Selain konsumsi air minum yang cukup, tips menjaga kesehatan saat puasa selanjutnya adalah dengan memperhatikan konsumsi makanan bergizi saat sahur dan buka puasa.

Makanan bergizi sangat baik untuk menyehatkan tubuh, juga memberikan energi dan memperkuat daya tahan tubuh terhadap infeksi bakteri. Nutrisi lengkap buah dan sayur selama puasa.

Tidur yang cukup

Untuk dapat menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa, sebaiknya Anda tidak melewatkan tidur malam yang cukup minimal 7 jam. Tidur malam yang baik dapat menjaga keseimbangan tubuh.

Hindari begadang di malam hari dan kurangi waktu tidur di siang hari. Meski hanya sebentar, namun jika tidur siang Anda berkualitas baik dapat mengembalikan energi Anda kembali.

Baca juga: Atur Pola Tidur Saat Puasa, Tips Agar Tidak Lemah dan Tetap Produktif

Perhatikan porsi makan saat berbuka puasa

Yang terbaik adalah makan sesuai dengan porsi makan Anda yang biasa. Bukan berarti setelah seharian berpuasa, Anda membalas dendam saat berbuka.

Bukan es buah yang terlalu kuat rasa manisnya, tapi kamu bisa memilih rasa manis alami dari kurma atau kelapa hijau.

Sangat mudah bagi tubuh untuk menyerap gula alami yang ditemukan dalam kurma. Ini juga bisa mengembalikan semangat dan melatih indera perasa, sehingga Anda akhirnya makan makanan lain dalam jumlah sedang.

Dengan menerapkan beberapa tips menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa di atas, maka akan dapat menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Berbagai aktivitas bisa Anda lakukan dengan baik meski berpuasa seharian penuh. (R10/HR-Online)