Tanda Usus Tidak Sehat Penting untuk Diketahui, Ini Yang Paling Umum!

Tanda-tanda usus yang tidak sehat penting untuk dipahami. Usus merupakan salah satu organ yang memiliki peran penting bagi tubuh.

Namun terkadang kesehatan organ yang satu ini kurang diperhatikan oleh kita. Hal ini sering menyebabkan masalah kesehatan pencernaan.

Agar kondisi ini tidak terjadi, sangat penting untuk selalu memperhatikan kesehatan usus.

Baca juga: Kebiasaan penyebab radang usus buntu seperti ini harus Anda waspadai!

Mengenali Tanda-Tanda Usus Tidak Sehat

Dengan tingginya aktivitas dalam kehidupan sehari-hari, seringkali menyebabkan seseorang mengabaikan kesehatan usus. Mulai dari mengonsumsi makanan cepat saji olahan, hingga makanan yang tinggi gula.

Selain itu, beban kerja juga sering membuat seseorang stres dan kurang tidur.

Jadi, pola hidup dan pola makan yang tidak sehat ini bisa membuat organ pencernaan bekerja lebih keras dan tentunya bisa mengganggu kinerja sistem pencernaan, terutama usus.

Saat usus kita bermasalah atau sedang dalam kondisi tidak sehat, seringkali kita mengalami tanda-tanda berikut ini:

Ada perubahan berat badan

Perubahan berat badan, baik bertambah atau berkurang tanpa mengubah pola makan atau kebiasaan olahraga, bisa menjadi pertanda adanya masalah pada usus Anda.

Ketidakseimbangan bakteri dalam usus dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi, menyimpan lemak, dan mengatur gula darah.

Penurunan berat badan dapat terjadi karena pertumbuhan bakteri usus kecil.

Sementara itu, kenaikan berat badan bisa terjadi karena resistensi insulin atau keinginan untuk makan berlebihan. Hal ini terjadi karena penurunan penyerapan nutrisi dalam tubuh.

Baca juga: Pantang Makan Radang Usus, Hindari Jika Tidak Ingin Kambuh!

Baca Juga :  Cara Mengobati Folikulitis, Benjolan Di Sekitar Rambut Yang Bikin Gatal

Sakit perut

Ini mungkin tanda paling umum dari usus yang tidak sehat. Seperti mengeluarkan banyak gas, kembung, diare, mulas, hingga sembelit bisa menandakan usus yang tidak sehat.

Hal ini bisa terjadi karena usus sulit mengolah makanan dan membuang limbah.

Intoleransi Makanan

Intoleransi makanan bisa menjadi tanda bahwa seseorang memiliki kualitas usus yang buruk.

Hal ini dapat menyebabkan usus mengalami kesulitan mencerna makanan tertentu. Hal ini dapat menyebabkan gejala seperti diare, kembung, dan banyak gas.

Gangguan tidur

Organ usus yang tidak sehat dapat menyebabkan gangguan tidur seperti kurang tidur atau insomnia. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan kronis.

Ini karena sebagian besar hormon tidur serotonin diproduksi oleh usus. Sehingga jika usus mengalami gangguan maka dapat mempengaruhi intensitas tidur seseorang.

Baca juga: Makanan yang Dilarang untuk Iritasi Usus, Apa Saja Itu?

Masalah Kulit

Kulit bermasalah mungkin ada hubungannya dengan apa yang terjadi di usus. Ketika ada peradangan, usus bocor atau masalah pencernaan lainnya, terkadang kulit adalah gejala pertama yang terlihat.

Hal ini karena mikrobioma yang terdapat di usus dalam keadaan tidak seimbang mempengaruhi organ tubuh seseorang, terutama kulit.

Ternyata cukup banyak tanda-tanda usus yang tidak sehat juga bisa terjadi. Tentu kita tidak ingin mengalaminya.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan usus. Salah satunya adalah dengan menjaga pola makan dan gaya hidup yang lebih sehat. (R10/HR-Online)