Perbedaan Kanker dan Tumor Serupa Tapi Tak Sama, Jangan Salah!

Perbedaan antara kanker dan tumor seringkali tidak dipahami dengan baik oleh masyarakat umum. Masyarakat tentu sangat familiar dengan istilah kedua penyakit ini. Namun, tidak sedikit yang justru salah kaprah.

Padahal, kedua jenis penyakit ini sama sekali tidak sama. Ada kesalahpahaman yang terjadi karena banyak yang belum mengetahui perbedaan antara kedua penyakit tersebut.

Baca juga: Makanan Penyebab Kanker Mulut dan Cara Mencegahnya

Apa Perbedaan Antara Kanker dan Tumor?

Istilah tumor dan kanker sering digunakan secara bergantian. Namun, keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah hal-hal yang membedakan kedua penyakit tersebut:

Memahami Kanker dan Tumor

Tumor adalah benjolan yang terjadi karena pertumbuhan sel dan jaringan berlebih dan dapat bersifat jinak atau ganas. Sedangkan kanker adalah tumor ganas yang mengandung sel kanker.

Kedua penyakit tersebut dapat menyebar ke jaringan yang sehat atau bahkan ke jaringan yang jauh dari sumber tumor asal. Sedangkan istilah kanker digunakan jika tumornya ganas. Ganas dalam arti berpotensi menimbulkan kerusakan fatal, bahkan termasuk kematian.

Sel kanker umumnya memiliki bentuk yang berbeda dengan sel sehat, tidak berfungsi dengan baik, dan dapat menyebar ke banyak area tubuh. Sedangkan tumor adalah pertumbuhan abnormal pada jaringan tubuh. Tumor adalah kumpulan sel di mana sel-sel ini dapat tumbuh dan membelah secara tidak terkendali. Akibatnya, pertumbuhan tidak teratur.

Baca Juga: Makanan Pencegah Kanker, Ini Jenis Terbaik Untuk Anda

Kecepatan Pertumbuhan dan Penyebaran

Perbedaan utama antara tumor dan kanker adalah kecepatan pertumbuhan atau penyebarannya. Pada tumor jinak pertumbuhan atau penyebarannya cukup lambat. Jadi pada dasarnya, tumor jinak ini banyak yang menganggapnya tidak terlalu berbahaya bagi penderitanya.

Baca Juga :  Sembuhkan Flu Tanpa Obat, Begini Caranya!

Sedangkan untuk tumor ganas, tumor ini akan menyebar ke bagian tubuh lain lebih cepat. Bahkan tumor gas dapat merusak sel-sel sehat. Dengan demikian, tumor gas dapat membentuk tumor lain yang dapat merusak bagian tubuh lainnya. Jadi, tumor ganas ini membutuhkan penanganan khusus segera. Hal ini bertujuan untuk mencegah sekaligus mengobati.

Baca juga: Gejala Awal Tumor Otak, Waspadai Sebelum Menjadi Kanker

Dalam hal pengobatan

Perbedaan lain antara kanker dan tumor adalah dalam hal pengobatan penyakitnya. Dalam kasus sel kanker, pengobatan pertama adalah membunuh sel kanker utama atau dengan obat kemoterapi dan radiasi.

Kemudian sel kanker baru dapat dioperasi dan pengangkatan sel dilakukan. Sedangkan tumor jinak, akan mendapat pengobatan dengan cara pembedahan dan pengambilan semua jaringan tumor yang sedang tumbuh.

Dengan mengetahui beberapa perbedaan antara tumor dan kanker di atas, maka Anda tidak akan lagi bingung dalam menyikapi kedua penyakit tersebut. Segera konsultasikan ke dokter jika merasa ada kelainan pada bagian tubuh tertentu. Pemeriksaan tersebut bertujuan untuk mendeteksi apakah kelainan tersebut merupakan sel kanker aktif, tumor, atau bukan. Pengobatan segera memiliki tujuan agar penyakit tersebut tidak semakin merusak jaringan tubuh. (R10/HR-Online)