Perbedaan Eksim dan Psoriasis Terlihat Serupa Tapi Tak Sama

Perbedaan antara eksim dan psoriasis cukup mirip tetapi sebenarnya berbeda. Masalah kulit ini tentu sangat tidak nyaman bila kita alami secara langsung. Jadi kita perlu tahu itu.

Berbagai macam penyakit yang menyerang makhluk hidup khususnya manusia memiliki cita rasa yang berbeda-beda. Rasa sakit dan ketidaknyamanan adalah efek dari masalah ini pada tubuh.

Oleh karena itu, ketika kita mengalami hal seperti ini, segera tangani dengan tepat.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang masalah kulit yang mungkin atau mungkin pernah kamu alami.

Oleh karena itu, baca saja selengkapnya. Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang eksim dan psoriasis, yang sangat berbeda.

Baca juga: Jenis Penyakit Kulit Eksim, Berdasarkan Gejalanya

Perbedaan Antara Eksim dan Psoriasis Terlihat Mirip

Kami akan memberikan pemahaman tentang masing-masing masalah kulit ini sebelumnya. Mulai dari eksim yang merupakan masalah kulit yang bisa membuatnya meradang dan berujung iritasi.

Sedangkan untuk psoriasis adalah masalah kulit yang membuat kulit menebal dan kemudian akan muncul bercak-bercak merah, berubah menjadi sisik putih, kemudian mengelupas.

Biasanya penyakit kulit ini tidak hanya terjadi pada anak-anak. Bahkan pada orang dewasa sekalipun.

Nah, coba perhatikan beberapa perbedaan yang bisa kita perhatikan untuk mengetahui apakah Anda menderita eksim atau psoriasis.

Baca juga: Penyakit Kulit Gatal, Jenis dan Penyebabnya

Bentuk Terlihat

Pertama-tama, eksim memiliki warna merah saat meradang. Terkadang muncul sebagai sisik atau kerak kasar yang bisa menggelap dan membengkak.

Sedangkan untuk psoriasis akan membuat kulit yang terkena menjadi tebal. Kemudian sisik perak dan akan terkelupas dengan sendirinya setelah mulai sembuh.

Baca Juga :  Kulit Jari Terkelupas, Ketahui Penyebabnya dan Cara Mengatasinya!

Penampilan Tempat

Perbedaan eksim dan psoriasis juga terlihat jelas dari penampilannya. Saat terkena eksim, biasanya akan muncul di bagian tubuh yang bengkok.

Mulai dari siku, lutut, leher, terkadang juga pada bagian dagu, pipi, kaki, dan kulit kepala pada anak.

Kemudian bila terkena psoriasis pada lutut, kulit pada wajah dan kepala, telapak tangan dan kaki, punggung bawah, telinga, kelopak mata, bibir, mulut, dan kuku.

Baca juga: Kulit Jari Terkelupas, Ketahui Penyebabnya dan Cara Mengatasinya!

Penyebab Terkena

Sementara alasan yang membuat seseorang terkena kedua masalah kulit ini juga berbeda. Pertama saat terkena eksim biasanya terjadi karena dampak detergen yang tidak cocok untuk kulit.

Selain itu, perubahan hormonal, stres, panas, dan keringat juga bisa menjadi salah satu penyebab eksim.

Kemudian untuk psoriasis biasanya karena faktor keturunan. Namun penyebab lain seperti goresan, sinar matahari yang berlebihan dan kulit yang terbakar, bahkan obat-obatan juga bisa menjadi penyebabnya.

Nah, bila sudah mengetahui perbedaannya, silahkan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Sehingga Anda bisa cepat pulih dari masalah kulit tersebut. Perbedaan antara eksim dan psoriasis cukup mudah untuk kita pelajari, bukan? (R10/HR-Online)