Penyebab Telinga Bindeng Yang Perlu Diwaspadai, Ini Yang Terjadi!

Penyebab telinga tersumbat bisa terjadi karena beberapa faktor. Bindeng adalah kondisi telinga terasa tersumbat. Saat mendengar suara itu akan terdengar teredam seolah-olah ada sesuatu yang menghalangi saluran telinga.

Kondisi binder dapat disertai dengan gejala klinis seperti batuk, pusing atau sakit telinga. Namun, terkadang telinga yang tersumbat juga bisa terjadi tanpa gejala apapun.

Baca juga: Apa Penyebab Telinga Berdenging Membuat Anda Tidak Nyaman?

Mengetahui Penyebab Telinga Terikat

Pernahkah Anda mengalami telinga tersumbat dan merasa tidak nyaman? Bindeng telinga seringkali menimbulkan perasaan tidak nyaman, tidak hanya pada organ telinga, tetapi juga menimbulkan rasa tidak nyaman pada bagian tubuh lainnya.

Hal ini dikarenakan telinga merupakan bagian dari organ tubuh yang memiliki fungsi dalam sistem keseimbangan tubuh. Lalu apa penyebab telinga bindeng ini? Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat ulasan lengkapnya di bawah ini.

tinitus

Tinnitus merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan telinga mengalami kondisi binder. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan tinnitus terjadi, antara lain musik yang terlalu keras, gangguan kesehatan seperti sinusitis, penumpukan kotoran telinga, obat-obatan nonsteroid atau lainnya.

Tinnitus yang dalam akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa waktu. Hal ini tergantung pada kondisi yang menyebabkannya. Tidak ada obat khusus untuk mengobati penyakit ini. Namun, untuk meredakannya, Anda bisa menjalani pengobatan dan terapi dari dokter.

Baca Juga: Lubang Air Telinga Dan Cara Mudah Menghilangkannya

Gangguan pada Traktus Eustachius

Penyebab telinga tersumbat selanjutnya adalah terjadinya gangguan pada saluran Eustachius. Ini adalah saluran yang menghubungkan telinga tengah ke belakang tenggorokan.

Baca Juga :  Makanan Penyebab Kurang Darah Jadi Pantang, Apa Saja?

Fungsi saluran ini adalah untuk menyeimbangkan tekanan yang ada di telinga. Selain itu juga untuk mengatur tekanan di luar telinga.

Ketika terjadi ketidakseimbangan tekanan udara di dalam dan di luar telinga, akan terjadi pengikatan. Ketidakseimbangan ini bisa terjadi saat seseorang berada di ketinggian, berenang atau saat menguap atau menelan makanan.

Baca Juga: Penyebab Telinga Gatal, Kenali dan Jangan Diremehkan!

Infeksi Telinga Tengah

Penyebab telinga sebelah ini banyak resikonya untuk anak-anak dan bayi. Kondisi ini bisa terjadi ketika ada infeksi atau cairan yang menumpuk di telinga. Akibatnya, telinga tengah bisa meradang. Infeksi telinga tengah, juga dikenal sebagai otitis media, dapat terjadi pada anak-anak yang sedang mengalami flu atau pilek.

Gejala yang dapat terjadi antara lain demam, nyeri telinga dan tenggorokan serta kesulitan mendengar. Untuk mengatasi telinga tersumbat akibat kondisi ini, Anda bisa mengonsumsi obat-obatan yang mengandung dekongestan untuk mengurangi atau meredakan gejala. Pada umumnya gangguan ini akan sembuh dalam waktu 4 sampai 6 minggu.

Namun, jika hingga 6 minggu kondisi telinga tidak kunjung membaik, maka cairan yang terkumpul mengalami infeksi dan menjadi kondisi kronis.

Selain hal-hal di atas, mungkin ada faktor lain yang bisa menyebabkan telinga tersumbat, seperti penyakit Meniere hingga tumor. Apapun penyebabnya, jika pembengkakan sudah berlangsung beberapa lama dan disertai gejala klinis, maka segera konsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. (R10/HR-Online)