Penting untuk diwaspadai penyebab karies gigi, kenali jenis-jenisnya!

Penyebab karies gigi dapat terjadi karena beberapa faktor. Karies gigi merupakan salah satu masalah kesehatan gigi dan mulut yang sering dialami oleh semua umur terutama pada anak-anak.

Ini merupakan kelainan pada jaringan keras gigi atau biasa disebut dengan penipisan email gigi. Kondisi ini dapat terjadi karena adanya penguraian mineral-mineral di permukaan yang dikenal dengan istilah demineralisasi mineral.

Hal ini terjadi karena kadar asam di dalam mulut yang tinggi akibat banyaknya fermentasi oleh bakteri pada gigi. Sehingga asam akan mengikis permukaan email gigi.

Agar terhindar dari karies gigi atau masalah lainnya, penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Baca juga: Atasi Sakit Gigi, Ini Pilihan Bahan Alami Terbaik

Apa Penyebab Karies Gigi?

Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya karies gigi, antara lain:

Tidak menyikat gigi dengan benar

Kebiasaan menggosok gigi yang tidak baik dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya karies gigi terutama pada anak-anak.

Pasalnya, jika seseorang tidak menyikat gigi dengan benar, maka sisa makanan dan minuman yang dikonsumsi akan menempel pada gigi dan membentuk plak yang merupakan awal dari karies gigi.

Konsumsi gula terlalu banyak

Selain kebiasaan menyikat gigi yang buruk, penyebab karies gigi yang paling umum adalah konsumsi gula. Seperti yang kita ketahui bahwa plak gigi merupakan lapisan yang melapisi gigi akibat konsumsi gula yang tidak kita bersihkan dengan baik.

Dengan demikian, bakteri mulai memakan sisa gula yang masih menempel pada gigi yang kemudian diproses oleh bakteri menjadi asam.

Baca Juga :  Manfaat Makan Sahur untuk Kesehatan Tubuh dan Tips

Penurunan keasaman pada permukaan gigi memudahkan terbentuknya karies gigi.

Selain itu, asam juga dapat menghilangkan mineral pada email gigi. Erosi ini kemudian dapat menyebabkan lubang pada email.

Baca juga: Cara membersihkan karang gigi sangat mudah dengan bahan-bahan alami ini

lokasi gigi

Ternyata karies gigi sering terjadi pada gigi belakang, seperti geraham. Karena gigi geraham memiliki banyak lekukan, lubang, celah, dan akar yang dapat menampung sisa-sisa makanan.

Akibatnya, gigi akan lebih sulit dibersihkan daripada gigi depan yang lebih halus dan mudah dijangkau. Hal ini mengakibatkan terbentuknya karang gigi.

Mikroorganisme di Mulut

Kuman merupakan salah satu penyebab utama terjadinya karies gigi. Karena bakteri ini berkembang biak dan menggerogoti email gigi dengan cepat.

Oleh karena itu, waktu membersihkan gigi merupakan hal penting yang harus Anda perhatikan.

Sebaiknya sikat gigi minimal dua kali sehari dengan gerakan yang lembut. Hal ini agar masalah kesehatan gigi lainnya tidak muncul, misalnya gusi surut yang bisa menyebabkan gigi sensitif.

Baca juga: Singkirkan Plak Kuning Pada Gigi Hingga Bersih, Begini Caranya!

Mulut kering

Mulut kering dapat terjadi karena kurangnya air liur. Sedangkan air liur ini dapat membantu mencegah kerusakan gigi, yaitu dengan membersihkan makanan dan plak dari gigi.

Zat yang ada dalam air liur juga membantu melawan asam yang diproduksi oleh bakteri.

Masih banyak lagi penyebab karies gigi yang perlu Anda waspadai. Gigi yang kekurangan fluoride juga rentan terhadap karies gigi. Ini adalah mineral alami yang dapat membantu mencegah gigi berlubang dan kerusakan gigi. (R10/HR-Online)