Kemungkinan Penyebab Buta Warna, Ketahui Lebih Lanjut!

Penyebab buta warna mungkin tidak diketahui semua orang. Buta warna adalah ketidakmampuan seseorang untuk melihat, mengenali dan membedakan warna tertentu.

Seseorang yang mengalami kondisi ini memiliki kualitas penglihatan yang berbeda terhadap warna dibandingkan kebanyakan orang normal. Penyakit ini terjadi karena kelainan atau kerusakan sel kerucut di retina mata.

Baca juga: Sakit Mata Menular, dari Ringan Hingga Menyebabkan Kebutaan

Penyebab Buta Warna Yang Perlu Diketahui

Orang yang buta warna akan kesulitan membedakan warna merah dan hijau. Selanjutnya adalah nuansa biru dan kuning. Namun, dalam beberapa kasus, penderita akan kesulitan membedakan nuansa warna.

Berdasarkan lembaga yang fokus pada kesehatan mata, Prevent Blindness dalam keterangan tertulisnya mengungkapkan bahwa persentase pria yang mengalami buta warna adalah 8% sedangkan wanita sekitar 1%.

Penyebab Buta Warna Pada Mata

Sebelum mengetahui penyebab buta warna itu sendiri, tidak ada salahnya untuk mengetahui mengapa mata tidak bisa mendeteksi warna yang dilihatnya. Perlu Anda ketahui bahwa retina manusia memiliki fungsi untuk memfokuskan cahaya yang masuk ke mata.

Bagian ini memiliki beberapa sel khusus dengan pigmen yang akan bereaksi terhadap warna dan cahaya. Mulai dari sel kerucut mata atau dalam istilah lain reseptor warna.

Ini adalah salah satu sel yang memiliki beberapa pigmen warna yang akan bekerja dengan baik dalam kondisi cahaya yang cukup (terang). Selanjutnya ada sel batang dengan satu jenis pigmen.

Meskipun tidak ada hubungannya dengan penglihatan warna, sel-sel ini cukup sensitif terhadap cahaya dan memungkinkan mata seseorang untuk melihat di malam hari. Ketika sel kerucut mata memiliki semua pigmen, mata Anda dapat melihat semua warna dengan baik.

Namun, jika ada masalah dengan beberapa atau salah satu pigmen, maka Anda akan kesulitan melihat warna tertentu. Dengan kata lain, kerusakan pigmen mata merupakan penyebab utama buta warna. Buta warna total dapat terjadi bila sel kerucut mata tidak memiliki pigmen.

Baca Juga :  Ciri-ciri Sindrom Burnout dan Cara Mengatasinya

Baca Juga: Aplikasi Tes Buta Warna Terbaik, Mampu Memberikan Hasil Lebih Akurat

Faktor Penyebab Kerusakan Pigmen Mata

Kerusakan pigmen yang merupakan penyebab utama buta warna dapat terjadi oleh beberapa faktor. Mulai dari kelainan genetik yang diturunkan dari orang tua ke anak. Namun, selain kelainan gen tersebut, ada juga faktor lain yang dapat menyebabkan kerusakan sel mata, antara lain:

  • Akibat efek samping dari penggunaan obat-obatan tertentu
  • Menderita cedera mata karena kerusakan fisik atau paparan bahan kimia tertentu
  • Kerusakan pada saraf optik atau kerusakan pada bagian otak yang memproses informasi warna
  • Menderita penyakit tertentu seperti katarak, glaukoma, diabetes atau multiple sclerosis.
  • Faktor usia

Dengan beberapa penyebab buta warna yang telah ditulis di atas, hingga saat ini belum ada cara untuk mengobati penyakit ini. Kecuali buta warna yang terjadi karena efek samping dari mengonsumsi obat-obatan tertentu, atau kondisi mata tertentu. Selain itu, seseorang dapat melakukan pemeriksaan khusus untuk mengetahui kondisi mata dan mendiagnosis buta warna. (R10/HR-Online)