Tabu makanan setelah pencabutan kuku dan cara mengobatinya

Tabu makanan setelah melepas kuku harus selalu dihindari. Karena jika tidak, akan memperburuk kondisi kuku. Jadi, makanan tabu ini perlu Anda waspadai atau hindari.

Seperti yang kita ketahui, kuku yang tidak normal memang bisa menimbulkan berbagai macam masalah. Maka salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menjalani operasi pengangkatan kuku saja.

Baca Juga: Makanan yang Dilarang untuk Jahitan, Simak Jenisnya!

Tabu makanan setelah pencabutan kuku yang perlu Anda hindari

Kuku berfungsi sebagai pelindung ujung jari untuk membantu mereka merasakan sesuatu. Namun, jika ada masalah, maka mau tidak mau kuku harus dicabut melalui prosedur pembedahan.

Nah, jenis operasi pengangkatan kuku itu sendiri juga berbeda-beda, semua itu biasanya akan tergantung dari kondisi kuku itu sendiri. Namun, sebelum operasi, jari pasien akan dibius terlebih dahulu agar tidak merasakan sakit selama proses tersebut.

Untuk perawatan pasca operasi, perban juga harus diganti secara teratur sesuai petunjuk dokter. Tak hanya itu, ada beberapa makanan yang perlu mereka hindari agar kondisi mereka cepat membaik.

Baca Juga: Makanan Penyebab Lipoma dan Pantang Pasca Operasi, Simak!

ikan

Makanan pantangan setelah melepas kuku adalah sejenis ikan. Ada beberapa jenis ikan yang tidak boleh Anda makan setelah operasi.

Apalagi jika Anda memiliki alergi terhadap makanan tertentu, sebaiknya hindari agar tidak membuat alergi kambuh lagi. Kalaupun dipaksakan, kemungkinan besar akan mengganggu proses penyembuhan.

Namun, bagi yang tidak memiliki alergi terhadap ikan, tetap bisa memakannya. Asalkan porsinya wajar, agar tidak membahayakan kuku setelah operasi.

Baca Juga: Makanan penyebab gatal-gatal penting untuk diketahui, apa sajakah itu?

Perawatan yang benar

Tidak hanya itu, setelah melepas kuku, efek anestesi akan hilang dan jari bisa terasa perih. Sehingga justru membutuhkan obat pereda nyeri, seperti parasetamol.

Baca Juga :  Gejala kanker otak pada wanita yang perlu diwaspadai sejak dini

Selanjutnya jari juga harus dibalut selama kurang lebih 2 minggu, jangan sampai jari terkena air. Hindari juga olahraga berat yang bisa membuat area kuku terluka.

Jika Anda mencium bau tidak sedap pada luka, bahkan sampai keluar nanah dan tepi lukanya berwarna merah, maka konsultasikan ke dokter.

Untuk informasi lebih lanjut bahwa operasi pengangkatan kuku merupakan tindakan sebagai bentuk pengobatan untuk beberapa masalah kuku. Nah setelah operasi, Anda juga harus bisa selalu menjaga dan merawat agar cepat sembuh.

Anda juga harus menghindari beberapa pantangan makanan setelah melepas kuku agar tidak memperburuk kondisi. Karena jika Anda memaksanya untuk makan, kemungkinan besar akan membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh. Selain makanan di atas, beberapa makanan yang bisa membuat luka tidak cepat kering adalah telur, ada baiknya untuk menghindarinya. (R10/HR-Online)