Makanan pantangan untuk sakit punggung yang harus dihindari

Makanan pantangan untuk sakit pinggang, bisa dengan mudah Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari. Rasanya yang enak, tak jarang penderita sakit pinggang masih mengonsumsinya karena minimnya informasi terkait hal tersebut.

Sakit punggung adalah kondisi kaku dan nyeri di sepanjang tulang belakang, mulai dari leher hingga tulang ekor. Ada banyak faktor yang mempengaruhinya, salah satunya adalah peradangan.

Baca Juga : Penyebab penyakit rematik, tanda, gejala dan pantangan

3 Makanan untuk Menghindari Sakit Punggung

Mengkonsumsi pembatasan diet ini dapat memperburuk kondisi. Oleh karena itu, agar tidak semakin memperparah kondisi sakit pinggang, berikut beberapa makanan yang sebaiknya dihindari.

1. Daging Merah

Makanan pantangan sakit punggung yang pertama adalah daging merah. Beberapa contoh daging merah seperti sosis, hot dog, burger, dan olahan daging merah lainnya.

Daging merah mengandung gula yang sering disebut dengan Neu5Gc. Jenis gula ini dapat menyebabkan peradangan yang memicu nyeri punggung.

Anda bisa mengganti daging merah ini dengan makanan lain yang tinggi antioksidan dan lemak sehat. Seperti semua jenis beri, sayuran berdaun hijau tua, makanan tinggi Omega-3, dan kacang-kacangan dan biji-bijian.

Baca Juga : Makanan Gula Darah Tinggi Yang Harus Anda Ketahui dan Hindari

2. Makanan yang Mengandung Manis atau Gula

Makanan pantangan sakit pinggang selanjutnya adalah makanan manis. Sakit punggung karena peradangan dapat dipicu oleh kondisi nefropati diabetik atau masalah ginjal akibat diabetes.

Menghindari makanan manis adalah salah satu cara untuk mengurangi rasa sakit di area tulang belakang. Tak hanya itu, mengonsumsi makanan manis bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Itu juga bisa membuat sakit punggung semakin parah.

Baca Juga :  Kapan Indonesia akan bebas dari pandemi Covid-19? Ini yang dikatakan Kementerian Kesehatan

Mengurangi konsumsi gula pada awalnya tampaknya sangat sulit bagi sebagian orang. Namun, ini adalah tindakan yang tepat karena dapat memberikan manfaat bagi penderitanya dalam jangka panjang.

Selain itu, gula penyebab peradangan ini tidak termasuk gula alami yang ditemukan dalam buah-buahan dan produk susu. Oleh karena itu, lebih baik bagi penderita nyeri tulang belakang untuk beralih mengonsumsi gula alami.

Baca Juga : Makanan pantangan setelah kemoterapi yang harus dihindari

3. Makanan yang Mengandung Pengawet

Makanan yang mengandung pengawet juga menjadi pantangan makanan sakit punggung. Pengawet ini dapat memicu respons sistem kekebalan, yang dapat memengaruhi persendian di tulang belakang Anda. Akibatnya, akan menyebabkan sakit punggung.

Contoh bahan pengawet yang harus Anda hindari antara lain makanan yang mengandung selulosa, paraben, karboksil, asam benzoat, hingga kalium sorbat. Semua bahan kimia ini memiliki efek peradangan pada tubuh Anda.

Selain menghindari pantangan makanan sakit punggung ini, ubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat. Jika Anda terbiasa dengan gaya hidup sehat, tingkat nyeri pada tulang belakang akan berkurang. Beberapa orang yang jarang merasakan sakit punggung adalah mereka yang rajin berolahraga, menjaga berat badan, dan mengikuti pola makan yang sehat. (R10/HR-Online)