Makanan pantangan saat maag bisa memperlambat penyembuhan

Makanan pantangan saat maag masih banyak disepelekan orang. Padahal, menjaga makanan bisa membantu proses penyembuhan.

Bisul adalah penyakit yang sering muncul di area kulit. Tempat munculnya bisul pun bermacam-macam, mulai dari leher, ketiak, bokong, punggung, hingga wajah.

Kondisi bisul sangat tidak nyaman karena terasa nyeri pada benjolan. Bisul bisa bertambah parah jika Anda makan sembarangan.

Berikut adalah beberapa makanan yang harus Anda hindari ketika Anda memiliki bisul pada tubuh.

Baca Juga : Makanan pantangan untuk perut buncit yang harus kamu perhatikan!

Daftar Makanan yang Dilarang Saat Maag

Bisul adalah penyakit yang muncul di permukaan kulit. Tanda utama bisul adalah benjolan merah.

Benjolan berwarna merah karena peradangan. Gejala lain dari bisul adalah gatal dan rasa terbakar di sekitar benjolan.

Penyakit maag sangat erat kaitannya dengan makanan. Oleh karena itu, jika ingin penyembuhan yang lebih cepat dan lancar maka Anda harus memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Berikut adalah beberapa makanan yang harus Anda hindari ketika Anda memiliki maag.

Makanan berlemak

Jenis makanan berlemak menjadi yang paling dilarang untuk Anda konsumsi saat Anda mengalami maag. Makanan berlemak seperti makanan cepat saji, makanan cepat saji, atau gorengan bisa memicu minyak berlebih pada kulit.

Selain itu, makanan berlemak juga dapat meningkatkan hormon seperti insulin yang dapat menyebabkan folikel kulit rentan terhadap bakteri penyebab maag.

Baca Juga : Makanan pantangan saat diare, hindari jika tidak ingin bertambah parah!

produk susu

Selain makanan berminyak, Anda juga harus menghindari berbagai makanan olahan susu. Beberapa jenis makanan dengan produk susu seperti yogurt dan keju dapat menyebabkan maag semakin parah.

Baca Juga :  Perbedaan tifus dan demam berdarah dilihat serta gejala dan pencegahannya, apa sajakah itu?

Meskipun tubuh membutuhkan kalsium dalam susu, beberapa orang tidak toleran terhadapnya. Dapat menyebabkan maag hingga diare.

telur

Makanan pantangan selama rebusan yang satu ini tentu sudah terkenal. Telur pada dasarnya adalah makanan bergizi.

Telur mengandung protein dan omega 3 yang baik untuk tubuh.

Namun, bagi penderita maag, makan telur sangat dilarang. Makan terlalu banyak telur dapat memperburuk bisul dan memperlambat proses pengeringan benjolan.

Baca Juga : Diet pantangan untuk penyakit hernia yang harus dihindari

Mengandung Gula Ekstra

Makanan yang mengandung tambahan gula juga bisa menjadi penyebab maag. Kandungan gula dapat meningkatkan produksi insulin dalam tubuh.

Hal ini kemudian membuat produksi minyak pada lapisan kulit akan meningkat. Banyaknya minyak di kulit akan menyumbat pori-pori dan berpotensi menjadi bisul.

Penambahan gula juga sangat dilarang bagi penderita diabetes yang memiliki maag. Hal ini dikarenakan gula dapat memperlambat proses pengeringan luka akibat bisul yang pecah.

Selain memperhatikan pantangan makanan saat maag, Anda juga harus menjaga pola hidup sehat karena maag bisa datang kapan saja. Hindari juga meremas bisul, karena akan meninggalkan bekas yang keras pada kulit. (R10/HR-Online)