Makanan pantangan untuk penyakit hernia yang harus dihindari

Tabu diet untuk penyakit hernia masih dipandang sebelah mata oleh banyak orang. Itu karena mereka berpikir bahwa asupan tidak akan mempengaruhi kondisi.

Padahal, menghindari beberapa makanan bisa membuat pemulihan lebih cepat. Hernia merupakan penyakit yang sering menyerang pria.

Pengobatan penyakit ini memang sedikit sulit. Itu sebabnya, memperhatikan asupan makanan cukup penting untuk dilakukan.

Baca juga: Obat Herbal Penyakit Hernia Cepat dan Ampuh

Hati-hati, Ini Dia pantangan makanan untuk penyakit hernia

Hernia adalah penyakit yang terjadi ketika jaringan ikat atau otot melemah. Kondisi ini akhirnya mengakibatkan hilangnya kemampuan untuk menahan organ dalam.

Jaringan otot yang tertarik atau melemah dapat terjadi karena berbagai faktor, seperti usia, komplikasi, dan cacat lahir. Hernia juga bisa terjadi karena cedera dan batuk kronis.

Agar hernia bisa sembuh atau tidak selalu kambuh, maka ada beberapa makanan yang harus Anda perhatikan. Anda perlu membatasi konsumsi atau bahkan menghindari makanan ini.

Berikut beberapa pantangan makanan yang harus dihindari oleh penderita hernia:

Makan Makanan Pedas

Banyak makanan pedas di Indonesia yang mengandung cabai, merica, dan merica. Jika Anda memakannya terlalu banyak, itu bisa melukai dinding halus.

Ketika dinding halus terluka, kondisinya semakin buruk dan dapat menghambat penyembuhan.

Baca juga: Pantang Makan Radang Usus, Hindari Jika Tidak Ingin Kambuh!

Makanan Yang Mengandung Lemak Jenuh

Para penderita hernia sebaiknya menghindari makanan yang diproses melalui gorengan. Itu karena lemak yang terkandung dalam gorengan akan berpotensi memperburuk keadaan.

Baca Juga :  Manfaat Karet Pisang yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Untuk itu, sebaiknya Anda mengolah makanan dengan cara dikukus, direbus, atau dipanggang. Sebisa mungkin hindari penggunaan minyak dan mentega.

Jika ingin merebus sayuran, lakukan dengan air biasa tanpa tambahan apapun. Selain itu, gunakan juga bahan yang rendah lemak dalam setiap pengolahannya.

Makanan Yang Mengandung Kafein

Makanan tabu hernia selanjutnya adalah kafein. Perlu Anda ketahui bahwa kafein tidak hanya terdapat pada teh dan kopi.

Kafein juga dapat ditemukan di protein bar, kacang-kacangan, es krim, dan cokelat. Untuk itu, bagi Anda yang menderita penyakit hernia sebaiknya menghindari makanan dengan bahan olahan.

Kandungan kafein dapat menyebabkan fungsi otot di perut melemah. Kafein juga akan menyebabkan peradangan pada dinding halus. Jika terjadi peradangan, maka akan mengakibatkan kondisi usus turun atau hernia semakin parah.

Baca juga: Penyebab Hernia dan Jenis serta Gejalanya

Makanan cepat saji atau Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji yang kita ketahui tidak baik untuk kesehatan, khususnya penderita hernia. Makanan cepat saji tidak hanya mengandung minyak jenuh, tetapi juga bahan pengawet, lemak jenuh, dan garam yang tinggi.

Secara keseluruhan kandungan dalam fast food akan sangat menghambat proses penyembuhan hernia.

Pada dasarnya, Anda perlu menghindari pantangan makanan penyakit hernia. Namun, mengonsumsinya sesekali dalam dosis yang wajar dan tidak berlebihan juga tidak apa-apa. (R10/HR-Online)