Makanan pantangan bagi penderita kelenjar tiroid, apa saja pantangannya?

Anda harus menyadari pembatasan diet orang dengan kelenjar tiroid. Apalagi jika Anda memiliki riwayat penyakit tersebut.

Dengan menghindari pantangan, maka Anda bisa menjaga kesehatan dengan baik. Penyakit ini tidak akan mudah kambuh atau memperburuk kondisi.

Baca Juga: Larangan makanan kelenjar getah bening yang harus dihindari

Deretan Pembatasan Makanan untuk Pasien dengan Kelenjar Tiroid

Berikut adalah beberapa pantangan makanan untuk penderita kelenjar tiroid.

Makanan Tinggi Yodium

Salah satu pantangan makanan adalah makanan yang memiliki kandungan yodium tinggi. Jenis makanan tersebut dapat memperburuk kondisi kelenjar tiroid.

Makanan Yang Mengandung Gluten

Selain makanan dengan kandungan yodium tinggi, penderita kelenjar tiroid sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang mengandung gluten.

Sebut saja nasi, pasta, dan roti. Selain itu, makanan yang diproses menggunakan ragi juga tidak baik untuk penderita kelenjar tiroid.

Makanan Kedelai

Makanan yang bahan utamanya adalah kedelai adalah tempe, tahu, kecap, dan taoge.

Baca Juga: Makanan Pantang TBC Kelenjar, Ini 5 Di antaranya

Asupan Kafein

Pembatasan diet lain yang tidak kalah penting untuk Anda hindari jika Anda memiliki penyakit kelenjar tiroid adalah makanan dengan kandungan kafein.

Perlu Anda pahami bahwa bahan-bahan tersebut dapat meningkatkan emosi, gugup, cemas, bahkan detak jantung.

Jika Anda terbiasa mengonsumsi kafein, Anda bisa mengatasinya dengan beralih ke minuman sehat secara perlahan. Mulai dari air putih, jus buah, hingga teh herbal.

Gorengan

Makanan yang digoreng merupakan salah satu pantangan makanan yang harus Anda hindari jika Anda memiliki penyakit kelenjar tiroid. Selain gorengan, batasi konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak.

Baca Juga :  Minuman Dehidrasi Tidak Hanya Air, Rehidrasi Halus

Baca Juga: Makanan pantangan untuk neuropati yang harus dihindari

Apa itu Kelenjar Tiroid?

Setelah Anda mengetahui apa itu pantangan makanan, ada baiknya juga untuk memahami dengan tepat apa itu kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid adalah kelenjar hormon berbentuk kupu-kupu yang terletak di bagian depan bawah leher (trakea).

Tugas kelenjar tiroid ini adalah menghasilkan hormon tiroid. Nantinya hormon ini akan dibawa ke seluruh tubuh oleh darah.

Jadi, jika kelenjar tiroid tidak berfungsi dengan baik, maka akan berdampak buruk pada sistem metabolisme tubuh Anda. Kemudian ketika kelenjar tiroid menghasilkan banyak hormon tiroid, maka Anda akan mudah merasa lelah dan juga mengalami peningkatan detak jantung.

Sebenarnya penyebabnya bisa berasal dari faktor genetik. Namun, penyebab paling umum dari gangguan kesehatan ini adalah penyakit Graves.

Penyakit ini sekilas sulit dikenali, karena gejalanya mirip dengan penyakit lain.

Gejala kelenjar tiroid termasuk penurunan berat badan tanpa alasan yang jelas, nafsu makan meningkat, kecemasan, lekas marah, gugup, perubahan suasana hati, dan kesulitan tidur.

Selain itu juga mudah panas, berkeringat, tangan gemetar, rambut mudah patah atau rontok, siklus menstruasi berubah, kelenjar tiroid membengkak, dan ruam pada kaki.

Untuk mengendalikan penyakitnya, penderita kelenjar tiroid tidak hanya harus membatasi pantangan makan, tetapi juga perlu menjalani terapi medis. Selain itu, ada baiknya juga menjalani diet rendah yodium. (R10/HR-Online)