Makanan pantangan bagi penderita asma, hindari jika tidak ingin kambuh!

Makanan pantangan bagi penderita asma, ada baiknya untuk Anda hindari. Pasalnya, makanan tersebut, bisa menyebabkan asma kambuh.

Asma merupakan penyakit saluran pernafasan. Jika kambuh, dapat mengganggu dan menghambat aktivitas penderita.

Pemicu kambuhnya asma bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari stres, jamur, debu, bulu binatang, hingga berbagai jenis makanan.

Baca Juga : Makanan Pantang TBC Kelenjar, Ini 5 Di antaranya

4 makanan pantangan bagi penderita asma

Anda bisa menemukan makanan tabu ini dengan sangat mudah. Bahkan, tak jarang orang yang memiliki riwayat asma masih mengonsumsinya karena ketidaktahuan mereka.

Oleh karena itu, sebagai sumber informasi kesehatan untuk Anda, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Makanan dengan Bahan Kimia Sulfit

Makanan pantangan bagi penderita asma adalah makanan yang mengandung bahan kimia sulfit. Sulfit adalah bahan kimia yang sering digunakan untuk mengawetkan makanan dan minuman kemasan.

Anda juga dapat menemukan bahan kimia ini dalam makanan fermentasi tertentu. Makanan dan minuman yang mengandung sulfit dapat melepaskan gas belerang.

Gas belerang ini dapat mempersempit saluran pernapasan sehingga menyebabkan iritasi.

Hal ini kemudian bisa menjadi pemicu kambuhnya asma. Contoh makanan yang mengandung sulfit adalah jus kemasan, buah kering, dan pemanis buatan.

Baca Juga : Makanan Penyebab Meningitis, Keju Lembut hingga Hot Dog

2. Makanan Yang Mengandung Lemak

Makanan pantangan selanjutnya adalah makanan yang mengandung lemak, terutama lemak jahat. Contoh makanan yang mengandung lemak jahat ini antara lain daging (steak dan hamburger), mentega, kentang goreng, susu, dan makanan yang digoreng.

Baca Juga :  Jam Kerja ASN selama Ramadhan 2022, Senin-Kamis Pulang Jam 15.00

Lemak jahat ini dapat melemahkan sistem kekebalan penderita asma. Sehingga, membuat asma mudah kambuh.

3. Makanan dan Minuman Yang Mengandung Gas

Sebaiknya, penderita asma juga menghindari makanan dan minuman yang mengandung gas. Makan jenis makanan dan minuman ini bisa memberi tekanan pada diafragma.

Akibatnya bisa membuat dada terasa sesak dan memicu gejala asma. Apalagi jika penderita asma juga memiliki riwayat penyakit asam lambung, makanan dan minuman yang mengandung gas ini dapat meningkatkan risiko asma kambuh.

Contoh jenis makanan dan minuman tersebut antara lain gorengan, minuman bersoda, kubis, kacang polong, kubis, dan permen karet.

Baca Juga : Makanan pantangan untuk penyakit gondok yang harus dihindari

4. Makanan Yang Mengandung Natrium Tinggi

Makanan pantangan selanjutnya bagi penderita asma adalah makanan yang mengandung natrium berlebih. Terlalu banyak natrium dapat meningkatkan risiko asma kambuh.

Contoh makanan jenis ini antara lain kentang goreng, daging, keju, dan keripik. Untuk menghindari natrium yang terlalu tinggi, penderita asma dapat mengkonsumsi perasa bebas garam atau jus lemon.

Setelah mengetahui pantangan makanan bagi penderita asma, kini akan lebih mudah bagi Anda untuk menentukan jenis makanan apa saja yang tidak boleh masuk dalam daftar menu. Dengan begitu, Anda bisa menerapkan gaya hidup yang lebih sehat. (R10/HR-Online)