Tabu Makanan Hipoglikemik yang Harus Dihindari, Cek!

Kita harus menghindari makanan hipoglikemik. Hipoglikemia terjadi ketika kadar glukosa darah lebih rendah dari normal. Jika tidak ingin mengalaminya, maka ada beberapa makanan tabu yang harus kita hindari.

Kondisi seperti ini memang bisa terjadi dari berbagai penyakit tertentu, seperti tumor dan penyakit liver. Nah, kondisi seperti ini akan menyebabkan kondisi semakin parah, sehingga Anda harus menghindari jenis makanan tertentu.

Baca Juga: Makanan Gula Darah Tinggi Yang Harus Anda Ketahui dan Hindari

Tabu makanan hipoglikemik, tentang apa saja?

Kondisi kesehatan pada penderita diabetes, maka dipastikan akan mengalami ketidakstabilan kadar gula darahnya.

Oleh karena itu, pengobatan yang paling tepat adalah dengan mengontrol kadar gula darah dengan beberapa cara.

Bahkan kondisi kesehatan yang rentan juga kerap membuat upaya menormalkan kadar gula darah menjadi tidak terkendali.

Hal ini tentunya akan memicu masalah pada kadar gula darah, salah satunya adalah hipoglikemia atau penurunan gula darah.

Ada banyak penyebab penurunan kadar gula darah yang berhubungan dengan produksi insulin. Bagi penderita penyakit ini juga ada beberapa makanan yang tidak boleh mereka makan.

Baca Juga: Makanan pantangan untuk hipertensi, ini daftarnya!

Makanan yang Digoreng dan Berlemak

Tabu makanan hipoglikemik pertama berupa gorengan dan berbagai jenis makanan berlemak tinggi. Karena hal ini akan memicu penumpukan kolesterol jahat yang secara tidak langsung akan mempengaruhi resistensi insulin.

Selain itu, lemak trans juga dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat, sehingga membutuhkan terapi insulin dan perawatan lainnya.

Biasanya hipoglikemia ini dapat muncul sebagai efek samping dari terapi insulin akibat mengonsumsi makanan berlemak.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda menghindari berbagai jenis makanan berlemak dan gorengan. Karena hal ini dapat memicu kadar gula rendah dan menyebabkan hipoglikemia terjadi pada Anda.

Baca Juga :  Beda Pilek, Flu dan Alergi Jarang Diketahui, Mirip Tapi Tak Sama!

Baca Juga: Makanan Penyebab Kurang Darah Jadi Pantang, Apa Saja?

Gandum dan Karbohidrat

Jenis makanan yang cenderung membuat Anda mengalami hipoglikemia tidak jauh berbeda dengan makanan yang bisa membuat kadar gula darah normal naik.

Hal ini juga tidak terlepas dari fakta bahwa hipoglikemia merupakan efek samping dari suatu obat. Bisa juga dari aktivitas atau upaya untuk mengurangi peningkatan kadar gula darah dalam tubuh.

Gandum adalah salah satu makanan yang dapat meningkatkan gula darah Anda secara signifikan. Secara tidak langsung gandum dapat merangsang produksi insulin dalam skala besar.

Tak hanya itu, mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang sangat banyak juga berbahaya. Karena hal ini dapat memicu hipoglikemia dalam tubuh Anda.

Ada beberapa pantangan makanan hipoglikemik, ada baiknya hindari saja jika tidak ingin gula darah turun. Jadi dengan menghindarinya, kemungkinan besar Anda akan terhindar dari apa yang disebut hipoglikemia. Karena kondisi seperti ini juga bisa membahayakan tubuh Anda jika tidak segera ditangani. (R10/HR-Online)