Makanan Alergi Dingin, Dari Keju hingga Kacang!

Pantang alergi makanan dingin atau gatal-gatal umumnya terjadi saat kekebalan tubuh lemah.

Setiap orang pasti memiliki alerginya masing-masing, mulai dari makanan, debu, hingga udara dingin. Ketika alergi kambuh, itu akan sangat mengganggu.

Sebab, Anda pasti akan merasakan gatal-gatal, perih, kemerahan, atau bahkan bersin-bersin dan batuk-batuk seperti flu. Untuk meredakan alergi, sebaiknya hindari beberapa makanan ini.

Baca juga: Penyebab Sering Bersendawa, dari Makanan dan Minuman hingga Alergi

Hindari Pantang Makanan Alergi Dingin Ini!

Hives atau alergi dingin adalah benjolan merah yang terasa gatal pada kulit. Menurut American College of Allergy, Asthma, and Immunology (ACAAI), sekitar 20 persen orang mengalami alergi dingin dalam hidup mereka.

Sesuai dengan namanya, alergi ini akan datang saat suhu semakin dingin. Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah alergi berulang.

Anda bisa mencoba menghindari beberapa makanan berikut ini untuk mencegah kondisi alergi semakin parah atau akut.

Keju dan Olahan

Selama masa alergi, tubuh akan menghasilkan bahan kimia yang dapat memicu respons alergi. Bahan kimia yang paling dominan adalah histamin.

Histamin memicu gatal, kemerahan, dan hidung tersumbat. Keju merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung histamin di dalamnya. Karena itu, sangat disarankan untuk menghindari keju saat tubuh sedang alergi.

Baca juga: Tanda-tanda kulit alergi pakaian dan penyebabnya

Makanan pedas

Saat alergi, ada sebagian orang yang akan mengonsumsi makanan pedas untuk meredakan hidung tersumbat. Memang, makanan pedas dapat membantu membersihkan saluran hidung.

Sayangnya, di balik itu, makanan pedas bisa menyebabkan sindrom yang disebut gustatory rhinitis yang akan meningkatkan perkembangan iritasi alergi. Itu sebabnya makanan pedas adalah tabu alergi dingin.

Baca Juga :  Makanan Tabu Bagi Penderita Fistula Anal, Jangan Diremehkan!

Teh herbal

Selain makanan, Anda juga lebih baik menghindari teh herbal. Teh herbal sebenarnya adalah jenis minuman yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Meski begitu, teh herbal tidak selalu gratis untuk Anda konsumsi. Pada dasarnya, teh adalah tanaman yang menjadi sumber alergi.

Bagi penderita alergi pilek, kondisi alergi bisa menjadi lebih parah saat menghirup teh herbal. Meski baunya harum, namun bisa membuat bersin menjadi lebih sering.

Baca juga: Pertolongan Pertama Untuk Alergi Kosmetik Menggunakan Bahan Alami

Gila

Makanan berikutnya yang harus Anda hindari ketika Anda memiliki alergi dingin adalah semua jenis kacang-kacangan. Itu karena kacang tanah bisa melepaskan histamin.

Mirip dengan keju, kacang-kacangan akan memperburuk kondisi alergi. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menghindari konsumsi kacang tanah terlebih dahulu.

Jika alergi pilek semakin parah, maka lebih baik pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Mereka juga akan memberikan obat pereda alergi.

Selain itu, agar obat dari dokter bekerja maksimal, Anda juga harus menjauhi pantangan makanan alergi dingin. Dengan begitu, kondisi alergi akan lebih cepat mereda. (R10/HR-Online)