Pantang Makan Radang Usus, Hindari Jika Tidak Ingin Kambuh!

Anda juga perlu memperhatikan pantangan makan radang usus selain minum obat secara teratur.

Sebab, ada berbagai faktor yang membuat tubuh cepat pulih. Orang dengan penyakit radang usus atau AI harus sangat berhati-hati dengan apa yang mereka makan.

Jika Anda salah makan, Anda khawatir peradangannya hanya akan bertambah parah. Apa saja makanan terlarang bagi Anda yang menderita radang usus besar?

Baca Juga : Lampiran Pantang dan Rekomendasi Makanan Penting

Apa Larangan Makan Radang Usus?

Perlu Anda ketahui, peradangan bisa menurunkan jumlah bakteri di usus. Jika bakteri baik berkurang, maka bakteri jahat akan hidup lebih bebas.

Mulai dari kadar bakteri yang tidak seimbang hingga lambung mulai mengalami gejala radang usus.

Jika Anda pernah menderita radang usus besar, itu bisa kambuh kapan saja. Untuk mencegah kekambuhan ini, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Pastikan Anda menghindari makanan yang bisa memicu sakit maag muncul kembali. Berikut beberapa makanan tersebut.

Buah dan Sayuran Berserat Tinggi

Meski buah dan sayur sangat baik untuk tubuh, namun penderita maag harus berhati-hati sebelum mengonsumsinya.

Itu karena Anda tidak bisa makan semua buah dan sayuran. Beberapa buah dan sayuran yang mengandung jenis serat tinggi sangat sulit dicerna usus, terutama saat kondisi sedang meradang.

Hindari makan buah-buahan seperti pir dan apel, sedangkan untuk sayuran sebaiknya hindari kubis, brokoli, dan jagung. Pilih buah atau sayuran yang rendah serat, agar usus tidak berat.

Baca Juga : Makanan pantangan saat diare, hindari jika tidak ingin bertambah parah!

Baca Juga :  Makanan Apa Penyebab Gigi Berlubang? Batasi Konsumsi!

Makanan Yang Mengandung Gluten

Beberapa penelitian mengatakan bahwa gluten adalah pantangan makanan untuk penyakit radang usus. Itu karena saat meradang, kerja usus sedikit melemah.

Usus tidak dapat menghasilkan enzim pencernaan tertentu. Akibatnya, pemrosesan gluten akan semakin terhambat dan tubuh menjadi rentan.

Kondisi ini akan menempatkan Anda pada risiko sakit perut, kram, perut kembung, dan diare parah.

Minuman Beralkohol, Kafein, dan Soda

Selain makanan, Anda juga perlu berhati-hati dalam memilih minuman. Hindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol.

Minuman ini hanya akan memperburuk kondisi usus. Sebaliknya, konsumsi lebih banyak air.

Makanan pedas

Disarankan bagi penderita penyakit radang usus untuk menghindari makanan pedas. Makanan yang mengandung cabai hanya akan semakin mengiritasi lambung. Akibatnya, kondisi radang usus akan semakin parah.

Baca Juga : Makanan yang Dilarang untuk Iritasi Usus, Apa Saja Itu?

Makanan Tinggi Lemak

Sebagai penderita penyakit radang usus, sebaiknya juga menghindari makanan berlemak, seperti mentega, margarin, saus krim, dan gorengan.

Jangan lupa juga untuk menghindari konsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian yang belum diolah karena memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi dan rawan mengiritasi usus.

Melakukan pantangan radang usus akan mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi risiko kekambuhan. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan pola hidup sehat, seperti tidak begadang, menghindari rokok, dan rajin berolahraga ringan. (R10/HR-Online)