Pantang Bagi Penderita Sinusitis yang Perlu Dihindari

Pantang bagi penderita sinusitis harus dihindari. Untuk setiap penyakit pasti ada pantangan, tidak terkecuali bagi penderita sinusitis. Jadi sinusitis adalah penyakit yang terjadi karena peradangan, jadi ketahuilah apa yang harus dihindari.

Karena jika tidak, kemungkinan akan membuat dan memperburuk kondisi. Biasanya gejala yang sering muncul pada penyakit ini adalah demam, pilek, sakit kepala, hingga penurunan indra penciuman.

Baca Juga: Makanan Alergi Dingin, Dari Keju hingga Kacang!

Apa pantangan bagi penderita sinusitis?

Sinusitis akan terjadi ketika jaringan sinus mulai membengkak sehingga akan menghalangi aliran lendir. Intinya, penyakit ini merupakan masalah yang terjadi pada pernapasan manusia dan membuatnya tidak nyaman.

Nah, lendir seperti ini tentu akan memberikan tekanan pada wajah hingga mengalami rasa sakit di kepala.

Tidak hanya itu, sinusitis akan membuat hidung menjadi tersumbat yang pastinya akan mengganggu aktivitas manusia sehari-hari.

Bagi penderita sinusitis, ada beberapa pantangan yang harus dihindari agar kondisinya tidak semakin parah. Jika Anda salah satunya, maka Anda harus menghindari beberapa pantangan tersebut agar tidak semakin parah.

Baca Juga: Makanan penyebab lendir di tenggorokan dan cara mengatasinya

Jangan Makan Makanan dan Minuman Ini

Pantang bagi penderita sinusitis sebaiknya menghindari jenis makanan dan minuman tertentu. Meski tidak ada pantangan khusus pantangan makanan bagi penderita ini, namun tidak ada salahnya untuk mewaspadainya.

Karena berbagai makanan pedas justru akan membuat hidung meler dan membuat lendir bisa terus keluar melalui hidung.

Bahkan beberapa makanan yang banyak mengandung lemak seperti gorengan juga bisa memperparah kondisi ini sehingga kita harus waspada.

Ada juga makanan dan minuman dingin yang bisa menyebabkan nyeri pada tulang pipi dan sakit kepala. Sehingga hal seperti ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman, apalagi jika Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman seperti ini.

Baca Juga :  Salah Satu Gejala Gigi Sensitif Sakit, Simak Cara Mengatasinya!

Baca Juga: Gejala dan Tanda Sinusitis beserta penyebab dan pengobatannya

Pembatasan Aktivitas

Tidak hanya dari segi makanan dan minuman, ada beberapa aktivitas yang tabu untuk sinusitis ini. Nah, beberapa aktivitas yang bisa memperburuk kondisi ini adalah seperti berada di udara yang terlalu kering.

Bahkan aktivitas naik pesawat juga menjadi pantangan lebih lanjut, karena tekanan udara bisa memicu sakit telinga.

Namun, jika harus naik pesawat, ada baiknya menutup hidung dan mulut agar udara berlebih tidak masuk.

Tidak hanya naik pesawat, namun dalam kondisi tertentu juga bisa memperparah sinusitis, misalnya berada di lingkungan yang berpolusi tinggi. Ada juga kebiasaan seperti berenang yang berlebihan juga menjadi penyebab terjadinya sinusitis ini.

Beberapa pantangan bagi penderita sinusitis seperti ini memang patut untuk dihindari jika tidak ingin kondisinya semakin parah. Namun jika Anda mengalaminya dan tidak kunjung sembuh, maka segera bawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. (R10/HR-Online)