Minuman Dehidrasi Tidak Hanya Air, Rehidrasi Halus

Minuman dehidrasi merupakan salah satu minuman yang wajib dikonsumsi. Seperti diketahui setelah berpuasa seharian penuh bukan tidak mungkin tubuh akan mengalami kekurangan cairan.

Untuk itu, saat puasa nanti Anda harus banyak makan sayur sebagai penggantinya. Di dalam tubuh manusia sendiri, 60% terdiri dari air.

Baca juga: Jus Buah Untuk Menurunkan Darah Tinggi yang Enak dan Ampuh

Padahal dalam satu hari biasanya kita bisa mengeluarkan cairan sebanyak 2 sampai 3 liter. Jika Anda tidak segera minum cukup cairan, itu bisa menyebabkan dehidrasi.

Dehidrasi nantinya akan menjadi penyebab masalah kesehatan lain dalam tubuh. Tubuh yang dehidrasi juga akan menyebabkan kerusakan sel-sel kekebalan tubuh.

Sebenarnya dehidrasi tidak hanya akan terjadi setelah kita melakukan puasa. Karena dehidrasi bisa terjadi saat kita melakukan banyak aktivitas.

Untuk alasan ini, sangat penting untuk rehidrasi setelah melakukan aktivitas apa pun yang menyebabkan banyak keringat. Rehidrasi juga bertujuan untuk mencegah dehidrasi.

Beberapa Minuman Dehidrasi untuk Anda

Padahal, setiap sel, jaringan dan organ tubuh membutuhkan air untuk berfungsi. Air digunakan untuk mengatur suhu tubuh, melumasi sendi, membuang limbah, mengedarkan darah, dan mengangkut nutrisi.

Dengan begitu, bisa dikatakan tubuh kita bisa menjalankan fungsinya dengan baik jika tidak mengalami dehidrasi.

Saat ini, ada beberapa minuman yang sangat membantu untuk mengatasi dehidrasi. Jadi, jika Anda mengalami dehidrasi, minuman ini adalah rekomendasi terbaik.

Air biasa

Minuman dehidrasi pertama adalah air putih. Mungkin minuman ini sudah tidak asing lagi.

Karena air memang merupakan minuman yang paling penting dan sebaiknya dikonsumsi saat berbuka puasa atau setelah melakukan aktivitas berat lainnya. Minum air juga membantu mengisi kembali cairan tubuh yang hilang.

Baca Juga :  Manfaat Kelapa Wulung untuk Kesehatan

Air juga memiliki manfaat untuk menjaga keseimbangan cairan, memberikan energi saat melakukan aktivitas, dan mengontrol kalori dalam tubuh.

Baca juga: Menghilangkan Lemak Tubuh dengan 10 Minuman Sehat, Cepat dan Aman

Jika terjadi kekurangan cairan dalam tubuh, maka akan menjadi penyebab penyakit ginjal. Sehingga mengkonsumsi air putih saat berbuka puasa akan membantu menjaga fungsi usus. Dengan begitu pencernaan akan tetap lancar dan tubuh tetap sehat.

Air kelapa

Minuman dehidrasi kedua adalah air kelapa muda. Air ini juga sangat baik untuk Anda konsumsi saat berbuka puasa.

Mengkonsumsinya saat puasa dapat membantu meningkatkan elektrolit dalam tubuh. sehingga anda tidak akan merasa lemas saat berpuasa seharian.

Elektrolit adalah mineral yang dibutuhkan tubuh. Berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan membantu mencegah dehidrasi.

Dengan kandungan serat mineral vitamin C serta kalsium dan potasium yang terkandung dalam air kelapa muda dapat membantu menjaga organ tubuh tetap bekerja dengan baik.

Teh hijau

Selanjutnya ada teh hijau yang juga merupakan minuman dehidrasi. Sangat cocok untuk Anda konsumsi saat berbuka puasa.

Manfaatnya juga banyak untuk tubuh Anda. Terlebih lagi, teh hijau mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan membantu proses detoksifikasi alami tubuh.

Merupakan cairan yang dapat menghilangkan dehidrasi dan membantu menurunkan berat badan. Selain itu, dapat menjaga metabolisme tubuh agar tetap stabil.

Manfaat teh hijau sebenarnya tidak hanya itu. Teh hijau juga membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh dan mengontrol mobilitas tubuh.

Mengkonsumsi teh hijau secara teratur juga dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Jus buah

Tak hanya itu, jus buah juga menjadi minuman dehidrasi selanjutnya. Seperti yang kita ketahui, buah-buahan mengandung serat, vitamin dan mineral yang cocok untuk membantu menghilangkan dehidrasi.

Baca Juga :  Manfaat makan kurma untuk kesehatan tubuh, simak kandungan nutrisinya

Buah sendiri sangat baik dikonsumsi saat berbuka puasa karena memiliki banyak manfaat.

Namun rekomendasi buah terbaik yang dikonsumsi saat berbuka puasa adalah melon dan semangka. Semangka dan melon memiliki kandungan air yang cukup tinggi dan membantu memenuhi cairan yang hilang dalam tubuh.

Baca juga: Minuman Sehat Detox Smoothies, Cara Cepat Bersihkan Racun dari Tubuh

Anda juga bisa mengonsumsi jus alpukat dan pisang. Karena kedua buah pilihan ini memiliki serat yang baik untuk tubuh, juga mengandung potasium yang dapat membantu menjaga elektrolit.

Nah, beberapa minuman penurun panas ini bisa kamu gunakan sebagai rehidrasi setelah berpuasa 1 hari atau melakukan aktivitas yang banyak mengeluarkan keringat. (R10/HR-Online)