Minuman Pencegah Dehidrasi Selain Air Putih, Segar dan Alami!

Anda bisa menemukan jenis minuman lain untuk mencegah dehidrasi selain air putih. Di tengah kesibukan sehari-hari, cuaca panas cukup mengganggu dan membuat seseorang rentan mengalami dehidrasi.

Dehidrasi adalah suatu kondisi ketika banyak cairan tubuh yang hilang dari tubuh.

Saat mengalami dehidrasi, seseorang akan merasa sangat haus, mulut terasa kering, sehingga konsentrasi bisa terganggu dan tubuh terasa lemas.

Oleh karena itu, agar aktivitas dapat tetap berjalan dengan lancar, maka Anda perlu mencegah terjadinya dehidrasi.

Baca juga: Penyebab Pusing Saat Bangun Tidur, Dehidrasi Hingga Stres

Daftar Minuman Pencegah Dehidrasi Selain Air Putih

Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa jenis minuman yang bisa Anda gunakan untuk mencegah dehidrasi pada tubuh, di antaranya:

air infus

Infused water merupakan salah satu pilihan terbaik untuk mencegah dehidrasi dalam tubuh. Minuman ini terbuat dari campuran air mineral beserta potongan buah-buahan atau rempah-rempah.

Sebelum diminum, campuran tersebut biasanya didiamkan selama satu malam penuh di dalam lemari es.

Ini untuk menghilangkan ekstrak dari buah atau bumbu yang Anda gunakan. Selain mencegah dehidrasi, minuman ini juga bermanfaat untuk detoksifikasi tubuh dari racun.

Baca juga: Tanda-Tanda Dehidrasi pada Anak, Kenali Sebelum Terlambat

Air kelapa

Jenis minuman pencegah dehidrasi selanjutnya adalah air kelapa.

Air kelapa mengandung elektrolit alami termasuk natrium dan kalium. Ini adalah nutrisi utama dalam mengisi dan menghidrasi tubuh seseorang.

Ketika seseorang mengalami dehidrasi, tubuh membutuhkan lebih dari sekedar cairan untuk mendapatkan kembali keseimbangannya.

Dalam kebanyakan kasus, seseorang harus mengisi kembali elektrolit yang telah hilang dari tubuh dalam cairan, seperti urin dan keringat.

Baca Juga :  Penyebab Aritmia Perlu Diketahui, Jangan Diremehkan!

Elektrolit adalah mineral yang dibutuhkan tubuh untuk berbagai fungsi penting. Misalnya, seperti menyeimbangkan cairan yang tepat dan menjaga detak jantung dalam ritme yang teratur.

Selain itu, air kelapa juga memiliki kandungan kalori yang cukup rendah.

Jus buah

Buah memiliki berbagai macam kandungan yang sangat baik untuk tubuh. Mulai dari vitamin C, vitamin A, hingga gula alami.

Oleh karena itu, jus buah menjadi salah satu pilihan minuman yang bisa Anda jadikan sebagai pencegah dehidrasi.

Baca juga: Manfaat Buah Pir Mencegah Dehidrasi, Osteoporosis dan Anti Kanker

susu

Dengan segelas susu bisa mengantarkan cairan sekaligus karbohidrat, protein, dan sedikit lemak. Ini adalah pilihan minuman yang baik untuk mengatasi dehidrasi.

Karena susu mengandung banyak elektrolit dan sodium berkualitas baik untuk membantu tubuh menahan cairan.

Menarinya lagi, Anda bisa menggunakan susu untuk campuran minuman yang enak seperti smoothies atau milkshake. Meski begitu, Anda juga tetap harus memperhatikan kandungan gulanya.

Dari berbagai jenis minuman pencegah dehidrasi di atas, bukan berarti air putih tidak baik untuk Anda konsumsi. Anda tetap bisa mengonsumsi air putih untuk mengisi kembali kalori dan cairan yang hilang setelah berbagai aktivitas. (R10/HR-Online)