Sembuhkan Flu Tanpa Obat, Begini Caranya!

Menyembuhkan flu tanpa obat adalah pilihan bijak. Hal ini karena sebenarnya flu bukanlah penyakit berbahaya yang menimbulkan efek samping lain.

Seperti yang kita ketahui bahwa flu merupakan salah satu jenis gangguan kesehatan yang paling umum. Gangguan ini umumnya muncul karena masalah tertentu. Terutama yang berkaitan dengan gaya hidup.

Baca juga: Atasi Sakit Gigi, Ini Pilihan Bahan Alami Terbaik

Flu yang terjadi terkadang menimbulkan sejumlah gejala, seperti merasa pusing atau merasa lemas. Kondisi ini akan membuat penderitanya merasa malas untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Ada beberapa pilihan cara yang bisa kita lakukan untuk meredakannya sebelum menggunakan obat. Apalagi gejala yang muncul seringkali merupakan respon tubuh terhadap perubahan iklim dan mekanisme imun untuk melindungi tubuh.

Cara Menyembuhkan Flu Tanpa Obat

Biasanya flu bisa diatasi dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar kita. Selain harganya yang lebih murah, tentunya penggunaan bahan alami sebagai obat flu cukup aman.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya mencoba mengatasi flu dengan bahan-bahan alami atau tradisional. Nah, berikut ini cara menyembuhkan flu tanpa obat yang bisa Anda lakukan.

Minum lebih banyak air

Cobalah minum banyak cairan, seperti air, jus, teh, dan kaldu ayam atau sayuran bening. Cairan tubuh juga berperan penting dalam meningkatkan dan mengoptimalkan sistem imun tubuh.

Baca juga: Obat Herbal untuk Meredakan Gejala Batuk Pilek Omicron

Akan lebih baik lagi jika Anda mengkonsumsi sup ayam untuk mengatasi flu biasa. Tapi pastikan tetap minum 8-10 gelas air putih 240 ml setiap hari.

Baca Juga :  Gejala Flu Singapura yang Harus Diwaspadai, Lakukan Penanganan Ini!

Mengkonsumsi Peppermint Atau Teh Hijau

Anda juga bisa mengonsumsi peppermint dan teh hijau untuk meredakan gejalanya. Ramuan ini terkenal dengan kandungan antioksidannya yang banyak.

Minuman herbal ini akan membantu membuka saluran pernapasan. Anda juga bisa menambahkan madu untuk meredakan sakit tenggorokan.

Menggunakan Rempah-rempah

Padahal, rempah-rempah bisa digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati masuk angin. Misalnya, Anda bisa menggunakan kunyit yang dihaluskan kemudian dioleskan ke area perut.

Ternyata cara menyembuhkan flu tanpa obat ini akan membuat pernapasan menjadi lebih mudah. Dengan begitu Anda bisa menerapkan cara tersebut dengan benar dan teratur.

Gunakan Echinacea

Teh echinacea sepertinya sangat baik untuk menyembuhkan masuk angin tanpa harus menggunakan obat-obatan. Echinacea telah terbukti mengurangi gejala dan durasi flu karena kandungannya.

Echinacea jarang menyebabkan efek samping. Namun, dalam kasus yang jarang terjadi seperti ini, beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi seperti mual dan sakit kepala.

Minum Teh Elderberry

Pilihan lain untuk menyembuhkan flu tanpa obat adalah dengan minum teh elderberry. Tahukah Anda apa itu teh elderberry?

Teh jenis ini merupakan jenis herbal yang ampuh meredakan masuk angin yang sudah lama digunakan. Selain itu, Elderberry adalah bumbu efektif yang mengatur sistem kekebalan tubuh dan memiliki manfaat antivirus.

Tambahkan Bawang Putih ke Makanan

Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antivirus dan telah digunakan selama ribuan tahun untuk meredakan pilek dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Mengkonsumsi bawang putih bisa dalam bentuk suplemen atau sesuai petunjuk. Namun, Anda harus memasukkan bawang putih ke dalam semua hidangan atau makanan.

Cara mudah memakan bawang putih saat Anda pilek adalah dengan menambahkan 1-2 siung bawang putih ke dalam sup ayam.

Baca Juga :  Manfaat Rambut Ketiak dan 3 Alasan Sebaiknya Anda Tidak Mencukurnya

Hubungi Dokter

Biasanya flu seringkali tidak mengharuskan kita ke dokter. Namun, jika Anda mengalami gejala demam dengan suhu lebih dari 40°C, sebaiknya segera hubungi dokter.

Apalagi jika anak usia berapa pun mengalami demam dengan suhu 40 °C atau lebih, jangan sampai ke dokter. Apalagi jika muncul gejala yang berlangsung lebih dari 10 hari.

Baca juga: Manfaat Daun Kelor, Pohon Ajaib Andalan WHO

Apalagi gejalanya parah dan Anda mengalami gejala yang tidak biasa, seperti sakit kepala parah, mual, muntah, dan kesulitan bernapas. Hal ini menunjukkan suatu kondisi penyakit yang memerlukan perhatian medis.

Itulah beberapa pilihan pengobatan flu tanpa obat yang bisa Anda lakukan. Anda bisa mencoba mengatasi flu dengan bahan-bahan alami yang bisa Anda pilih. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda. (R11/HR-Online)