Menu Sahur Hari Pertama Puasa Sehat dan Nikmat, Ini Rekomendasinya!

Menu hari pertama puasa bikin bingung? Tak ada salahnya membuat aneka masakan khas untuk sahur pertama puasa Ramadhan Anda.

Ada berbagai inspirasi menu sahur hari pertama yang bisa menjadi pilihan Anda. Pilihan menu yang bisa Anda sajikan tidak hanya sehat, tetapi juga memenuhi kebutuhan nutrisi makanan Anda.

Baca Juga: Makanan Sahur untuk Memperkuat Puasa Ramadhan Sehari Penuh!

Sajian menu spesial di sahur pertama di bulan Ramadhan tentu akan menjadi hal yang sangat menyenangkan. Kebanyakan orang akan melakukan hal ini, agar seluruh anggota keluarga menjadi lebih semangat dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Lalu apa saja rekomendasi puasa hari pertama yang praktis untuk Anda coba di rumah, di antaranya:

Sayuran bening

Mengkonsumsi sayuran saat sahur diklaim dapat menenangkan perut. Rasa bayam yang hangat dan lembut dapat menambah mineral dan vitamin saat berpuasa.

Secara umum komponen yang terkandung dalam sayur bening terdiri dari bayam, jagung, dan tomat.

Cara membuatnya cukup praktis dan mudah. Rebus air hingga mendidih, lalu masukkan bawang merah cincang, kencur dan kunci.

Kemudian tambahkan wortel, jagung, dan terakhir bayam. Tambahkan gula dan garam sesuai selera.

Baca juga: Jangan Konsumsi Makanan Dalam Kemasan Saat Sahur!

Tumis Sederhana

Asupan sayur memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh saat berpuasa. Kandungan serat dan vitamin pada sayuran dapat menjaga daya tahan tubuh sekaligus kebugaran dalam menjalankan puasa selama satu bulan.

Selain sayuran bening, Anda bisa mendapatkan manfaat dari tumis sayuran sederhana. saat menyiapkan makanan pertama puasa. Seperti tumis kangkung.

Untuk memasak menu ini tidak akan memakan waktu lama. Bahan-bahan yang dibutuhkan cukup mudah dan sederhana.

Baca Juga :  Makanan penyebab hipertiroidisme, hindari sebagai bentuk pencegahan

Beras merah

Secara umum nasi merah merupakan salah satu menu makanan pilihan bagi seseorang yang sedang menjalankan program diet. Namun nasi merah juga bisa menjadi salah satu menu sahur di hari pertama puasa.

Beras merah dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama jika dibandingkan dengan nasi putih.

Ini karena beras merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah. Sehingga proses penyerapan di dalam tubuh menjadi lebih lama. Jadi, proses penyerapan ini bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Baca juga: Bangun Terlambat Sahur? Ini Rekomendasi Jenis Makanan yang Tepat

Ayam goreng mentega

Selain asupan vitamin dan mineral yang didapat dari sayuran, asupan protein hewani juga penting. Anda harus memperhatikan anggota keluarga yang akan berpuasa. Salah satu menu yang bisa Anda pilih adalah ayam goreng mentega.

Tidak kalah dengan jenis olahan ayam lainnya, ayam mentega bisa menjadi inspirasi menu sahur. Rasa ayam yang gurih dan lezat membuat selera makan Anda meningkat.

Untuk menghemat waktu, Anda bisa menyiapkan bumbu yang dibutuhkan di malam hari. Jadi saat sahur anda tinggal menggoreng menu hari pertama puasa berupa ayam mentega. (R10/HR-Online)