Atasi Perut Gatal Saat Hamil, Inilah Cara Paling Efektif

Cara mengatasi perut gatal saat hamil umumnya dilakukan dengan cara digaruk. Namun dia mengatakan ada larangan karena bisa mempengaruhi janin. Lalu adakah cara yang lebih efektif untuk menghilangkan rasa gatal yang mengganggu tersebut?

Ciri-ciri orang hamil sangat beragam. Padahal, ada banyak gejala dan gangguan yang datang saat Anda hamil. Salah satunya adalah Anda akan merasakan gatal-gatal di sekitar perut.

Akibat gangguan ini Anda merasa tidak nyaman dan ingin menggaruk perut. Namun, ini tidak boleh dilakukan. Karena itu akan merusak kulit Anda.

Baca juga: Buah yang bisa mempercepat kehamilan yang wajib kamu konsumsi

Nah, buat kamu yang angguk-angguk karena merasakan hal yang sama, yuk kita bahas bareng-bareng. Apa penyebab utama gatal saat hamil dan bagaimana cara mengatasi perut gatal saat hamil?

Kenali Penyebab Perut Gatal

Saat hamil, perut bisa tiba-tiba terasa gatal. Hal ini sangat wajar, karena merupakan tanda orang hamil dan Anda tidak sendirian.

Banyak ibu hamil yang mungkin membaca artikel ini mengalami hal yang sama.

Masalah utama yang menyebabkan perut gatal adalah iritasi kulit, dan ini biasanya terjadi sekitar 23 minggu kehamilan.

Mengapa kulit menjadi iritasi? Hal ini dikarenakan perut Anda yang semakin membesar menyebabkan kulit di area perut tertarik atau meregang juga.

Hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Nah, kulit kering ini bisa menyebabkan perut Anda terasa gatal.

Cara Mengatasi Perut Gatal Saat Hamil

Jika Anda bingung bagaimana cara mengatasi gejala ini, berikut beberapa poin yang bisa Anda ikuti sebagai cara mengatasi perut gatal saat hamil.

Baca Juga :  Makanan pantangan untuk pasien cuci darah tidak baik untuk ginjal

Hindari Menggaruk

Jangan pernah menggaruk kulit Anda. Menggaruk tidak akan membuat kulit Anda lebih sehat, tetapi akan memperburuk rasa gatal. Jadi lebih baik kendalikan tanganmu yaa..

Baca juga: Keluhan Umum Ibu Hamil, Wanita Harus Tahu!

Jadi ketika perut Anda terasa gatal saat hamil, jangan panik. Hal ini karena sebagian besar ibu hamil juga mengalaminya. Hal ini wajar karena area kulit yang gatal di perut merupakan salah satu tanda orang hamil.

Olesi dengan Pelembab

Anda dapat menggunakan pelembab kulit apa saja untuk mengobati perut yang gatal selama kehamilan. Tetapi Anda harus menggunakan yang alami dan tanpa bahan atau wewangian berbahaya.

Olesi Dengan Krim Anti Gatal

Jika bingung dengan merk yang ada, sebaiknya cari lotion kalamin. Lotion ini sudah banyak dijual di supermarket dan apotek dan mudah digunakan.

Penggosokan

Anda juga bisa melakukan scrubbing untuk meredakan rasa gatal yang timbul. Hal ini bertujuan untuk mengambil sel-sel kulit mati di sekitar perut Anda.

Anda bisa menggunakan handuk lembut dan air hangat, lalu usapkan di sekitar area perut.

Oleskan Minyak Vitamin E

Jika Anda memiliki minyak vitamin E yang tersedia di rumah, Anda dapat menggunakannya untuk mengobati perut yang gatal selama kehamilan.

Untuk menggunakannya juga cukup mudah. Anda tinggal mengoleskannya di perut. Minyak ini dapat menyegarkan kulit dan memberikan kelembapan ekstra.

Gunakan pelembab udara

Anda bisa menggunakan pelembab udara, agar kulit Anda tidak kering. Namun perlu Anda ketahui bahwa saat menggunakan alat ini Anda juga perlu memperhatikan kebersihan ruangan.

Baca juga: Ingin Mencegah Keguguran? Ini adalah Cara Mudah yang Efektif!

Karena dengan ruangan yang lembab, bakteri dan jamur juga akan berkembang biak di dalam ruangan.

Baca Juga :  Minuman Pencegah Dehidrasi Selain Air Putih, Segar dan Alami!

Itulah beberapa cara mengatasi perut gatal saat hamil yang bisa Anda lakukan. Tips ini juga berguna untuk mengurangi bahkan mengatasi gangguan tersebut. Namun jangan terlalu keras untuk menjaga janin dalam kandungan. (R11/HR-Online)