Manfaat Tanaman Jenggot Musa, Bisa Mengobati Penyakit Berbahaya!

Manfaat tanaman kumis musa sebenarnya baik untuk kesehatan. Tumbuhan yang memiliki ciri seperti janggut Nabi Musa ini memiliki banyak manfaat. Tak heran banyak yang mencari tanaman herbal berkhasiat ini.

Jenggot Musa merupakan salah satu jenis tanaman hias yang sudah menjadi tanaman liar. Meski liar, banyak yang memanfaatkan tanaman ini sebagai tanaman hias karena keindahannya.

Jenis tanaman hias ini bahkan mudah tumbuh subur di Indonesia. Jenggot Musa, juga dikenal dengan nama Tillandsia, juga memiliki nama lain, seperti Jenggot Nabi, hingga Jenggot Fir’aun.

Baca Juga : Khasiat Daun Sambang Darah, Mampu Menyembuhkan Luka!

Kenali berbagai manfaat dari Tanaman Musa Beard

Di habitat aslinya, tanaman hias yang menjuntai ini akan hidup dengan merambat dan menempel pada pohon besar. Semakin subur, tanaman ini akan tumbuh panjang dan terlihat menjuntai.

Di masa lalu, banyak tanaman Musa’s Beard menggunakannya untuk dekorasi di rumah. Hal ini dikarenakan tanaman ini sangat mudah dirawat dan cantik.

Beberapa tahun terakhir, jenis tanaman hias ini bahkan menjadi buruan para pecinta tanaman hias. Menariknya, tanaman hias ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan.

Berikut ini adalah manfaat tanaman Musa Beard untuk mengobati berbagai penyakit.

Baca Juga: Khasiat Akar Pinang yang Jarang Diketahui, Ternyata Ini Khasiatnya!

Mengobati Penyakit Kulit

Tanaman Beard Musa mampu mengobati gatal-gatal pada kulit. Bahkan, tanaman ini juga bisa menghilangkan jamur pada kulit.

Tidak hanya itu, kumis musa juga dapat mengobati eksim dan membantu menghilangkan masalah kulit seperti jerawat.

Baca Juga: Manfaat Rumput Teka Teki yang Jarang Diketahui, Bisa Atasi Nyeri Haid!

Menyembuhkan Kolesterol dan Rematik

Manfaat lain dari kumis musa ini adalah dapat menurunkan kadar kolesterol dan juga dapat menyembuhkan rematik.

Baca Juga :  Makanan Penyebab Lipoma dan Pantang Pasca Operasi, Simak!

Menariknya, tanaman hias ini bisa meredakan rasa sakit yang muncul setelah melahirkan dan bisa menjadi obat ketika ada masalah seperti sakit perut.

Pada umumnya banyak masyarakat yang menggunakan tanaman jenggot Musa sebagai bahan campuran untuk membuat obat tradisional. Selain itu, banyak juga yang memanfaatkannya sebagai campuran untuk membuat jamu.

Berikut ini adalah manfaat lain dari Musa Beard yang telah dibuktikan dari berbagai penelitian:

  • Mengobati kanker
  • Mencegah dan mengobati penyakit HIV
  • Bahan campuran untuk pembuatan obat tradisional atau ramuan herbal
  • pencegahan diabetes
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Mengetahui banyak sekali manfaat dari tanaman cantik ini, maka tak ada salahnya jika Anda mencoba membudidayakan tanaman ini di pekarangan rumah Anda. Saat Anda menanam tanaman ini sebagai penghias, maka Anda pun bisa merasakan manfaatnya.

Sebab, tanaman ini mampu menyaring udara kotor yang masuk. Sehingga rumah yang memiliki banyak tanaman dapat memiliki udara yang sejuk, bersih dan segar.

Tidak hanya cantik dan mudah perawatannya, ternyata banyak juga manfaat dari tanaman Musa Beard ini untuk kesehatan dan pengobatan. (R10/HR-Online)