Manfaat Susu Kurma Bagi Tubuh, Hidangan Sehat Saat Berbuka!

Manfaat susu kurma untuk kesehatan cukup beragam. Susu kurma merupakan salah satu minuman sehat yang direkomendasikan oleh banyak dokter untuk dikonsumsi selama bulan suci Ramadhan.

Minuman ini mengandung banyak nutrisi penting untuk kesehatan tubuh dan tulang. Hal ini juga berguna untuk memulihkan gula tubuh, vitamin, dan mineral yang hilang selama puasa.

Baca juga: Manfaat Susu Beruang Sebagai Sumber Energi, Menghilangkan Racun dan Baik untuk Perokok

Berbagai Manfaat Susu Kurma untuk Kesehatan

Tentu kita tahu bahwa kurma memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Selain bisa dikonsumsi langsung, kurma juga bisa diolah menjadi masakan lain.

Salah satunya adalah susu kurma. Perpaduan susu dan kurma ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Jika sebelumnya Anda hanya mengkonsumsi kurma selama bulan Ramadhan ini. Jadi kini Anda bisa membuatnya menjadi menu yang enak dan sehat yaitu susu kurma.

Berikut beberapa manfaat susu kurma yang perlu Anda ketahui, antara lain:

Melancarkan Pencernaan

Mengkonsumsi makanan atau minuman yang kaya serat penting untuk kesehatan tubuh. Dan dapat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit.

Kurma kaya akan serat yang berguna untuk mengontrol gula darah. Kandungan serat dalam susu kurma sangat mudah dicerna oleh usus, sehingga memperlancar buang air besar.

Selain itu, serat yang terkandung dalam kurma dapat membantu mencegah kadar gula darah melonjak setelah makan.

Dalam hal ini, kurma memiliki indeks glikemik rendah yang dapat mengukur seberapa cepat gula darah meningkat setelah mengonsumsi makanan tertentu.

Baca juga: Ingin Tetap Muda? Kenali manfaat susu kedelai

Baca Juga :  10 Alasan Mengapa Anda Harus Melakukan Yoga

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Manfaat lain dari susu kurma yang bisa Anda rasakan adalah menjaga kesehatan tulang. Hal ini karena hidangan ini mengandung kalsium, vitamin D, fosfor, dan magnesium.

Berdasarkan sebuah penelitian, mengonsumsi susu atau produk lain yang terbuat dari susu dapat mencegah tubuh terkena osteoporosis.

Kalsium yang tinggi pada susu kurma juga dapat membuat gigi lebih sehat dan kuat serta terhindar dari pembusukan.

Meningkatkan Fungsi Otak dan Kesehatan Saraf

Mengkonsumsi susu kurma juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan menjaga kesehatan saraf. Susu kurma mengandung vitamin E, natrium, dan kalium yang dapat membantu kesehatan sistem saraf.

Berbagai kandungan yang terkandung dalam susu kurma juga memiliki manfaat membantu otak dalam mengirimkan sinyal ke berbagai organ tubuh melalui sistem saraf.

Baca juga: WOW! Ternyata inilah manfaat susu kedelai untuk kesehatan tubuh

Mencegah Anemia

Setelah seharian berpuasa dan tidak mendapatkan makanan atau minuman apapun, tidak menutup kemungkinan seseorang akan mengalami anemia atau kurang darah.

Namun, mengonsumsi susu kurma saat berbuka puasa dapat mengurangi risiko terkena anemia.

Pasalnya, susu kurma memiliki banyak kandungan zat besi yang bertugas memproduksi hemoglobin dalam darah. Selain itu, hemoglobin dapat membawa oksigen melalui aliran darah dengan lebih lancar.

Cara membuat susu kurma cukup mudah. Anda hanya perlu menyediakan kurma, susu, dan alat penghalus seperti blender. Kemudian Anda bisa mencampur kedua bahan tersebut dan menyajikannya dingin atau hangat.

Dengan demikian, manfaat susu kurma bisa dengan mudah didapatkan untuk Anda. (R10/HR-Online)