Manfaat Makan Sahur untuk Kesehatan Tubuh dan Tips

Manfaat makan sahur sangat baik untuk kesehatan kita. Sayangnya, banyak dari kita yang lalai memakan makanan ini.

Selama Ramadhan, musim orang di seluruh dunia akan berlatih puasa. Dari setelah makan sahur hingga memasuki waktu berbuka puasa.

Puasa Ramadhan biasanya kita lakukan selama 29 hingga 30 hari. Selama sebulan penuh kami makan sahur sebelum fajar setiap hari.

Baca juga: Makanan Sahur untuk Memperkuat Puasa Ramadhan Sehari Penuh!

Manfaat Makan Sahur untuk Kesehatan Tubuh

Makan sahur bukan hanya ladang pahala atau menguatkan puasa seharian. Padahal, ada banyak manfaat di balik sahur ini.

Mau tahu apa saja manfaatnya? Untuk inspirasi kesehatan, berikut pemaparan selengkapnya.

1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat sahur untuk pertama kali adalah menjaga kesehatan sistem pencernaan. Perut yang kita biarkan kosong saat puasa bisa menyebabkan asam lambung kambuh lagi.

Selain itu, puasa yang tidak diawali dengan makan sahur dapat memicu perut kembung dan maag. Itulah mengapa makan sahur sangat dianjurkan, terutama makan lebih banyak makanan kaya serat.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat lain dari makan sahur adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manfaat yang satu ini bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi makanan yang tinggi nutrisi dan kaya nutrisi.

Baca juga: Tata Cara Makan Sahur Berbasis Islam Membawa Pahala dan Keberkahan

3. Sumber Energi Saat Puasa

Saat kita berpuasa tubuh akan mudah lemas karena merasa lapar. Makan sahur dapat memberikan asupan energi agar tubuh tidak cepat merasa lapar.

Baca Juga :  Cara menjaga kesehatan lidah sehari-hari yang benar dan mudah

Ketika tubuh memiliki cadangan energi yang cukup, aktivitas sehari-hari dapat berjalan seperti biasa. Selain itu, kita juga bisa terhindar dari sifat malas.

Tips Makan Sahur

Agar manfaat makan sahur bisa maksimal, kita bisa menerapkan tips makan sahur. Pertama, pastikan untuk membatasi asupan garam Anda.

Pasalnya, makanan yang banyak mengandung garam bisa menyebabkan dehidrasi. Selain itu, kita juga bisa mengonsumsi satu sendok makan cuka sari apel sebagai bantuan pencernaan sebelum makan.

Sedangkan untuk makanan utamanya, Anda bisa makan kacang fava atau buncis. Kita bisa menambahkannya dengan minyak zaitun, jinten, lemon, garam, dan merica.

Makanan lain, kita bisa makan roti gandum atau roti bebas gluten bagi mereka yang intoleran gluten. Agar kita kenyang sepanjang hari bisa menambahkan telur rebus atau porsi protein lainnya.

Jika Anda lebih suka sesuatu yang ringan, Anda bisa makan tuna dan alpukat dengan gandum hitam, atau mozzarella, tomat, alpukat, dengan salad sayuran.

Baca juga: Tips Sehat Memilih Menu Sahur Agar Puasa Tidak Terganggu

Jika Anda menginginkan sesuatu yang manis, Anda bisa mengonsumsi tiga sendok makan yogurt. Dua puluh menit sebelum puasa, kita bisa minum satu liter air secara perlahan.

Mengingat betapa pentingnya manfaat makan makanan ini, cobalah untuk tidak melewatkannya. Saat tubuh kita sehat, puasa menjadi lebih lancar dan lebih semangat dalam beribadah. (R10/HR-Online)