Manfaat makan kurma untuk kesehatan tubuh, simak kandungan nutrisinya

Manfaat makan kurma sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buah ini identik dengan bulan Ramadhan.

Bahkan, sebagian besar umat Islam memilihnya sebagai pilihan menu pembuka saat berpuasa.

Alasannya tentu saja tidak lepas dari berbagai manfaat yang dihadirkan oleh kurma itu sendiri. Tidak hanya saat bulan puasa saja, namun pada hari-hari biasa banyak orang yang mengkonsumsi kurma.

Tahukah Anda bahwa manfaat kurma sudah bisa dilihat jika Anda mengonsumsi tiga buah setiap hari selama satu minggu.

Untuk lebih jelasnya, berikut berbagai manfaat kurma yang bisa Anda dapatkan.

Baca juga: Manfaat Kurma yang Mengesankan untuk Kesehatan

Mengetahui Manfaat Makan Kurma

Kurma merupakan salah satu buah yang tumbuh di Timur Tengah, khususnya di jazirah Arab. Kurma adalah buah favorit Nabi Muhammad.

Oleh karena itu, hukum mengkonsumsi kurma merupakan sunnah bagi umat Islam. Lalu apa saja manfaat makan kurma untuk kesehatan tubuh, terutama setelah berpuasa?

Penambah Energi Tubuh

Kurma mengandung gula alami, fruktosa, glukosa, dan sukrosa. Kandungan ini akan memberikan energi lebih cepat saat tubuh membutuhkannya.

Selain itu, kurma juga mengandung komponen sehat lainnya. Seperti magnesium, potasium, antioksidan, dan vitamin yang mampu menjaga kecukupan energi.

Dengan demikian, mengkonsumsi kurma dapat membantu tubuh menjadi lebih bugar dan tidak mudah lelah.

Baca juga: Makanan Penambah Energi Saat Puasa, Bikin Badan Lebih Semangat!

Baik untuk Pencernaan

Manfaat makan kurma selanjutnya adalah dapat melancarkan pencernaan.

Berdasarkan penelitian, seseorang yang mengonsumsi kurma akan memiliki pencernaan yang lebih baik. Jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi kurma.

Baca Juga :  Penyebab Sakit Dada Kanan Perlu Diwaspadai, Apa Penyebabnya?

Pasalnya, buah arab ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Bermanfaat untuk mencegah sembelit dan melancarkan pencernaan.

Selain memiliki kandungan serat yang tinggi, kurma juga dapat membantu meningkatkan rasa kenyang lebih lama saat berpuasa.

Mencegah Anemia

Kekurangan zat besi dalam tubuh pada umumnya dapat menyebabkan anemia. Hal ini ditandai dengan gejala utama kulit pucat dan kelelahan.

Kurma memiliki kadar zat besi yang tinggi, sehingga mengonsumsi kurma dapat memberikan manfaat dalam membantu proses pembentukan sel darah merah.

Baca juga: Khasiat Kurma Muda Bisa Bikin Wanita Cepat Hamil!

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kurma mengandung banyak vitamin C yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Vitamin C dan antioksidan yang terkandung dalam kurma juga dapat mengurangi risiko penyakit pernapasan.

Kandungan vitamin lain yang terdapat pada kurma antara lain vitamin A1, B1, B2, B3, dan B5 yang dapat membuat tubuh lebih sehat.

Salah satu manfaat kurma adalah untuk menyehatkan sistem kardiovaskular. Kurma mengandung potasium yang terbukti mampu menurunkan kolesterol jahat yang dapat menyebabkan penyumbatan pada arteri, serangan jantung, hingga penyebab stroke.

Dengan banyaknya manfaat makan kurma, Anda bisa memakannya setiap hari. (R10/HR-Online)