Khasiat Kunyit Putih untuk Perut, Antibakteri hingga Antiradang!

Manfaat kunyit putih untuk perut cukup beragam. Selain kunyit kuning, ternyata kunyit putih juga mengandung banyak manfaat kesehatan terutama untuk lambung.

Kandungannya juga berbeda dengan kunyit kuning pada umumnya. Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat kunyit putih yang bisa Anda rasakan untuk kesehatan perut.

Baca juga: Obat Maag Alami Paling Ampuh Mulai dari Daun Jambu Biji hingga Kunyit

Mengetahui Manfaat Kunyit untuk Perut

Kunyit putih atau dalam nama ilmiah Zedoaria kunyit ia memiliki berbagai senyawa khas atau fitokimia yang hanya ditemukan pada tanaman. Mulai dari fenolik, terpenoidsampai alkaloida.

Senyawa ini berpotensi untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, terutama lambung.

Selain itu, kunyit putih juga memiliki berbagai kandungan kimia yang antara lain tanin, pati, kurkumin, minyak atsiri, saponin, damar, gula, flavonoidamenjadi protein beracun.

Semua bahan kimia tersebut memiliki kemampuan untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Maka tidak heran jika bumbu yang satu ini banyak digunakan sebagai bahan pembuatan obat herbal.

Berikut berbagai manfaat kunyit putih untuk perut yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

Baca juga: Memutihkan Kulit dengan Kunyit Terbukti Efektif, Aman, dan Sehat

Mengatasi Peradangan dan Sakit Perut

Keuntungan Zedoaria kunyit untuk kesehatan lambung, yang pertama adalah mampu mengatasi peradangan atau peradangan.

Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Pengobatan dan Terapi Pelengkap BMC mengungkapkan bahwa kandungan tanin, terpenoid, saponin, alkaloid, dan flavonoid yang terkandung dalam kunyit putih mampu mengurangi pembentukan senyawa prostaglandin dan juga nitric oxide (senyawa pemicu peradangan).

Selain itu, kandungan kurkumenol dalam kunyit putih berpotensi untuk mengurangi sakit perut akibat peradangan. Ekstrak kunyit putih juga dapat memblokir saraf dari mendeteksi rasa sakit.

Baca Juga :  Perut Kembung Saat Puasa, Cegah dengan Beberapa Tips Mudah!

antibakteri

Manfaat kunyit putih selanjutnya untuk kesehatan perut adalah memiliki sifat anti bakteri.

Pasalnya, minyak atsiri dalam tanaman rempah ini mengandung senyawa terpenoid itu adalah monoterpena sebaik seskuiterpen.

Kedua zat ini dapat menghambat pertumbuhan dan membunuh bakteri Streptococcus aureus dan Bacillus cereus yang merupakan penyebab keracunan makanan.

Baca juga: Bahaya Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh Jika Dikonsumsi Terlalu Banyak

Meredakan Sakit Maag

Pada umumnya tukak lambung terjadi karena lapisan dinding lambung mulai terkikis dan menimbulkan luka. Dengan mengkonsumsi kunyit putih dapat bermanfaat untuk mengurangi sakit maag.

Isi polisakarida yang terkandung dalam kunyit mampu mempercepat produksi kolagen. Dengan demikian jaringan lambung yang terluka dapat segera diperbaiki.

Selain itu, ekstrak kunyit putih juga dapat mengurangi keasaman lambung.

Seperti yang kita ketahui, asam lambung yang memiliki keasaman cukup tinggi berpotensi menyebabkan tukak lambung.

Meski manfaat kunyit putih untuk perut cukup beragam, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Ini karena kunyit adalah pengencer alami.

Oleh karena itu, tidak disarankan untuk mengkonsumsi kunyit jika sebelumnya Anda pernah mengonsumsi obat pengencer atau pernah menjalani operasi. Selain itu, penting juga untuk memperhatikan efek samping dari konsumsi kunyit putih dalam jumlah berlebihan. (R10/HR-Online)