Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan dan Fungsinya

Manfaat gula aren untuk kesehatan sangat beragam. Gula aren yang merupakan pemanis alami yang terbuat dari nira pohon aren sebagai tanaman herbal. Ia bekerja sebagai obat herbal untuk meningkatkan pencernaan, untuk membantu menjaga sistem saraf.

Itu karena gula aren memiliki lebih sedikit glukosa dan indeks glikemik lebih rendah daripada gula atau madu.

Dengan mengkonsumsi gula aren, kadar gula darah akan lebih baik dan tetap stabil, sehingga energi tubuh tidak akan bertambah atau berkurang. Selain itu, ketegangan jantung akan berkurang.

Apa Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan?

Meringkas dari berbagai sumber, ada beberapa manfaat sehat yang bisa kita dapatkan dari gula aren. Berikut ulasannya;

Meningkatkan Pencernaan

Gula aren mengandung serat makanan yang disebut inulin. Penelitian menunjukkan bahwa serat nabati dapat membantu mengontrol keberadaan bakteri di usus.

Dengan begitu, sistem pencernaan dan penyerapan mineral tubuh akan mengalami peningkatan yang lebih baik.

Baca Juga: Produk Gula Aren Cair Kelompok Tani Banjar Diminati Beberapa Daerah

Meningkatkan Imunitas

Manfaat gula aren untuk kesehatan juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah radikal bebas karena mengandung antioksidan yang tinggi.

Tingkatkan Kekebalan

Mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh merupakan salah satu manfaat gula aren untuk kesehatan. Pemanis alami ini sarat dengan kalium, besi, fosfor, nitrogen, seng dan selenium.

Semua kandungan tersebut berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi, sekaligus mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, gula aren juga mampu membantu meningkatkan hemoglobin dalam darah.

Baca Juga :  Makanan Sehat untuk Jantung dan Perut, Simak Daftar Pilihannya!

Aman untuk Penderita Diabetes

Rendahnya indeks glikemik gula aren tidak akan menyebabkan kadar darah melonjak secara tiba-tiba. Sehingga aman bagi penderita diabetes jika dikonsumsi dengan benar.

Mengobati Batuk dan Pilek

Baca Juga: Manfaat Daun Sungkai Untuk Apa? Belajarlah lagi!

Manfaat gula aren untuk kesehatan salah satunya dapat mengobati masuk angin, batuk kering, sakit tenggorokan. Gula aren bisa menjadi solusi alami untuk mengatasi gangguan tersebut, terutama bagi anak-anak.

Tambahkan satu sendok makan gula aren ke dalam air teh jahe. Ini adalah obat yang sempurna untuk batuk dan pilek. Ini juga membantu membersihkan saluran pernapasan.

Melindungi Sistem Saraf

Tingginya kadar kalium dalam gula aren berfungsi untuk melindungi sistem saraf. Kadar kalium dalam gula aren lebih tinggi dibandingkan pisang dan sayuran hijau.

Mengobati Anemia

Gula aren merupakan sumber vitamin, yaitu vitamin B1, B2, vitamin B3, B6, dan vitamin B12. Selain itu, gula yang terbuat dari nira aren juga kaya akan kandungan zat besi.

Berkat adanya beberapa bahan tersebut, gula aren sangat baik untuk membantu mengobati anemia dan membantu masalah PCO bagi wanita.

Keseimbangan Elektrolit

Manfaat kesehatan lainnya dari gula aren adalah membantu mengatasi dehidrasi, sekaligus menjaga keseimbangan kadar elektrolit dalam sel-sel tubuh.

Baca Juga: Alasan memilih obat herbal adalah karena keamanan dan khasiatnya

Apa Manfaat Gula Aren?

Gula aren memiliki beberapa keunggulan dibandingkan gula pasir. Kelebihannya antara lain kandungan glukosa lebih sedikit, sehingga dapat membantu menstabilkan kadar gula darah.

Satu sendok makan gula aren mengandung 54 kalori, 0 gram, 0 gram lemak, 15 gram gula pasir, 0 gram protein, dan 15 gram karbohidrat. Gula aren juga merupakan sumber potasium, zat besi, seng, fosfor, dan tembaga yang baik.

Baca Juga :  Cara Mengembalikan Jam Tidur Normal Usai Ramadhan, Simak Tipsnya!

Manfaat gula aren untuk kesehatan dan kelebihannya dibandingkan gula pasir, dimana gula aren mengandung serat pangan yang disebut inulin.

Selain itu, gula aren juga mengandung kadar mineral, vitamin, dan nutrisi yang tinggi dibandingkan gula lainnya. Sehingga indeks glikemik gula aren memiliki skor 41.

Apakah Gula Aren Lebih Sehat Dari Gula Pasir?

Pakar kesehatan menyarankan untuk mengalihkan konsumsi gula pasir ke gula aren sebagai campuran makanan atau minuman. Karena gula aren lebih sehat daripada gula putih atau gula pasir.

Gula pasir berasal dari pohon tebu dan umbi-umbian atau tanaman bit. Sedangkan gula aren terbuat dari nira pohon aren. Dalam proses pembuatannya juga secara alami.

Baca Juga: Manfaat Daun Anyang-anyang Sebagai Obat Herbal Berbagai Penyakit

Kandungan kalori pada gula aren lebih rendah dibandingkan gula putih yang memiliki nilai indeks gula aren lebih rendah yaitu 35. Sedangkan gula pasir memiliki nilai indeks glikemik 58.

Apa Efek Samping Gula Aren?

Peningkatan Gula Darah

Meski memiliki tingkat indeks yang rendah, namun jika kita mengonsumsi gula aren secara berlebihan atau sembarangan dapat menyebabkan gula darah dalam tubuh cepat naik. Hal ini meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Berat Badan

Meski lebih aman dari gula pasir, Anda juga harus ingat bahwa kandungan kalori dalam gula aren cukup tinggi. Jadi, ketika Anda tidak bisa mengontrol konsumsi Anda, Anda akan bertambah gemuk nantinya.

Risiko Penyakit Jantung

Penting bagi Anda untuk mengetahui manfaat gula aren untuk kesehatan dan efek sampingnya. Efek samping dari konsumsi gula aren yang berlebihan juga berisiko terkena penyakit jantung.

Oleh karena itu, selain berbagai manfaat gula aren untuk kesehatan, Anda tetap harus mengontrol konsumsinya.

Baca Juga :  Larangan Makan Setelah Sunat, Simak Fakta Nyata Ini!

Manfaat gula aren untuk kesehatan sebagai obat herbal. Konsumsi gula aren tidak boleh melebihi 5-10 persen dari kebutuhan kalori harian agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan. Gula aren dibuat dari getah pohon sebagai tanaman herbal. (R3/HR-Online/Editor-Eva)