Khasiat Daun Sambang Darah, Mampu Menyembuhkan Luka!

Manfaat daun sambang darah memang jarang diketahui sebagian orang. Namun siapa sangka ternyata daun sambang ini memiliki banyak manfaat. Maka tak heran jika banyak yang menjadikannya sebagai tanaman herbal.

Nah bagi para herbalis, kemungkinan besar tanaman ini sudah cukup terkenal karena mampu mengobati berbagai macam penyakit. Namun bagi anda yang belum mengetahui tentang khasiat dari tanaman ini, maka anda bisa menyimak artikel ini sampai habis.

Baca Juga: Manfaat Umbi Garut untuk Perut, Begini Cara Mengkonsumsinya!

Manfaat Daun Sambang Darah yang Wajib Anda Ketahui

Sambang darah merupakan salah satu jenis tanaman perdu yang biasanya sering kita jumpai di sekitar rumah. Jadi tanaman ini bisa kita temukan di pekarangan rumah, pinggir hutan, ladang, dan tempat lainnya.

Salah satu ciri fisik tanaman sambang darah adalah memiliki daun depan berwarna hijau dan daun belakang berwarna merah.

Biasanya penggunaan tanaman ini bagi sebagian orang adalah sebagai tanaman hias, karena memiliki warna daun yang unik.

Namun yang jarang diketahui oleh banyak orang adalah tanaman ini mampu berperan sebagai obat herbal alami yang kaya akan manfaat.

Jadi bagi siapa saja yang menggunakan daun ini, berbagai macam penyakit juga bisa diatasi dengan mudah. Jadi apa manfaatnya?

Baca Juga: Khasiat Daun Balakacida Bagi Tubuh, Mampu Mengatasi Luka!

Mampu Mengobati Muntah

Manfaat daun sambang darah pertama ini cukup ampuh untuk mengobati muntah, bahkan batuk darah. Seperti yang kita ketahui bahwa muntah atau batuk darah seperti ini bisa terjadi karena beberapa faktor.

Maka untuk bisa mengatasi kondisi seperti ini anda bisa mengolah daun sambang merah yang benar agar khasiatnya bermanfaat. Pertama siapkan beberapa lembar daun salam lalu cuci bersih dan tumbuk hingga halus.

Baca Juga :  Perbedaan Kanker dan Tumor Serupa Tapi Tak Sama, Jangan Salah!

Selanjutnya beri sedikit garam dan tambahkan juga setengah gelas air minum ke dalamnya. Aduk dan peras dengan kain lalu minum ramuan herbal alami ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga: Manfaat daun belimbing wuluh yang jarang diketahui banyak orang

Dapat Menyembuhkan Luka

Siapa sangka tanaman berdaun dua warna ini mampu menyembuhkan luka bernanah di kulit. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengobati luka akibat operasi caesar dengan tanaman yang satu ini.

Caranya juga sangat mudah, pertama anda bisa menyiapkan beberapa lembar daun sambang darah secukupnya. Selanjutnya cuci bersih dan tumbuk sampai kondisinya benar-benar halus.

Jika sudah maka tempelkan tumbukan daun tersebut pada area kulit yang luka. Namun jangan lupa untuk membalutnya dengan perban agar manfaatnya benar-benar maksimal.

Tak hanya itu, ternyata daun sambang darah ini juga menjadi salah satu solusi terbaik untuk mengobati penyakit jantung koroner. Jadi anda bisa mengkonsumsi air rebusan dari daun ini secara rutin 2 kali sehari. Nah, setelah mengetahui beberapa manfaat daun sambang darah, kemungkinan besar mulai sekarang Anda ingin merawat tanaman tersebut bukan? (R10/HR-Online)