Khasiat Daun Lompong, Efektif Atasi Masalah Pencernaan!

Manfaat daun lompong memang belum banyak diketahui orang. Padahal daun lompong bisa dijadikan sebagai olahan masakan yang tentunya kaya akan manfaat. Anda bisa menjadikannya sebagai tanaman obat.

Biasanya daun ini bisa kita olah sebagai tumisan atau sebagai pembungkus untuk olahan buntil khas Jawa Tengah. Ternyata tidak hanya sebagai bahan makanan olahan, daun ini juga baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Baca Juga: Manfaat Tanaman Jenggot Musa, Bisa Mengobati Penyakit Berbahaya!

Manfaat Daun Lompong untuk Kesehatan, Apa Saja?

Lompong sendiri merupakan salah satu jenis daun favorit bagi masyarakat Jawa, karena bermanfaat sebagai lauk berupa lalapan yang enak. Sekarang bentuk daunnya seperti tangki air yang besar, lebar, dengan batang yang panjang juga.

Bahkan daunnya banyak mengandung polifenol, sedangkan batangnya mengandung saponin yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Maka tidak heran jika daun dan batang tanaman yang satu ini sering dijadikan bahan untuk membuat makanan.

Selain itu, daun lompong ini juga banyak mengandung zat besi, karbohidrat, fosfor, protein, kalsium, vitamin A, B1, dan C. Menariknya, berbagai jenis serangan penyakit dalam tubuh dapat dengan mudah diatasi dengan menggunakan tanaman yang satu ini. Lalu apa saja manfaatnya?

Baca Juga: Khasiat Daun Sambang Darah, Mampu Menyembuhkan Luka!

Memperlancar Peredaran Darah

Salah satu manfaat daun lompong yang pertama adalah mampu melancarkan peredaran darah dalam tubuh manusia. Hal ini berkat kandungan vitamin B6 dalam daun lompong yang dapat membantu mengangkut oksigen dalam tubuh.

Sehingga dengan lancarnya transportasi oksigen maka peredaran darah di dalam tubuh juga akan menjadi lebih lancar. Selain dapat melancarkan peredaran darah, daun lompong bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah.

Baca Juga :  Kasus Stunting Ancaman Generasi Bangsa

Hal ini dikarenakan di dalam daun lompong ini terdapat kandungan khusus berupa zat kalium yang cukup tinggi. Sehingga dengan kelancaran peredaran darah dan kestabilan darah maka nutrisi yang bisa kita dapatkan di dalam tubuh akan lebih maksimal.

Baca Juga: Khasiat Daun Balakacida Bagi Tubuh, Mampu Mengatasi Luka!

Memecahkan Masalah Pencernaan

Siapa sangka, ternyata daun lompong juga berkhasiat untuk mengatasi masalah pada saluran pencernaan manusia. Karena tanaman lompong ini memiliki kandungan serat yang sangat tinggi.

Sehingga sangat baik untuk kita konsumsi, karena mampu membantu sistem pencernaan agar berfungsi lebih baik. Tidak hanya itu, daun ini juga dapat membantu pertumbuhan bakteri mikroba baik.

Sehingga dengan tumbuhnya bakteri baik di usus, kita bisa terhindar dari berbagai masalah pencernaan. Misalnya seperti susah buang air besar hingga radang usus, kita bisa menghindarinya dengan menggunakan tanaman lompong ini.

Ternyata lompong juga bisa mencegah anemia, karena daunnya banyak mengandung zat besi. Maka tak heran jika ia mampu mencegah anemia.

Setelah mengetahui beberapa manfaat daun lompong, mungkin sekarang Anda ingin memulai dengan memasaknya. Karena Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai menu favorit, baik itu tumis maupun sayur. (R10/HR-Online)