Manfaat Daun Kangkung untuk Kesehatan, Mampu Mencegah Kanker!

Manfaat daun kangkung untuk kesehatan sudah dikenal sejak ratusan tahun lalu. Karena kandungannya yang baik, daun kangkung memiliki banyak manfaat. Bahkan daun seperti ini juga sudah banyak digunakan secara turun temurun untuk obat herbal.

Kale adalah sayuran yang berasal dari keluarga kubis, bersama dengan kembang kol, brokoli, dan sawi. Selain itu, makanan berjuluk superfood ini juga sangat bergizi karena memiliki banyak manfaat yang tidak bisa kita ragukan lagi.

Baca Juga: Manfaat Akar Bayam untuk Kesehatan, Mampu Mengatasi Keputihan!

Manfaat Daun Kangkung Bagi Tubuh dan Kesehatan Lainnya

Seperti pada penjelasan sebelumnya bahwa kangkung merupakan sayuran dari keluarga kubis-kubisan atau sering disebut sebagai makanan super, karena kandungan gizinya yang tinggi.

Selain itu, kangkung juga rendah lemak namun tinggi serat yang bermanfaat sebagai makanan. Baik untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, kangkung juga merupakan jenis sayuran yang memiliki banyak sumber vitamin seperti A, C, dan K. Tak hanya itu, kangkung juga banyak mengandung mineral, potasium, lutein, beta-karoten, hingga kalsium dan zeaxanthin.

Bahkan daun ini juga memiliki kandungan lain seperti antioksidan tinggi seperti kaempferol dan quercetin.

Karena memiliki kandungan yang baik, kangkung juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan sebagai obat tradisional jaman dahulu.

Baca Juga: Manfaat Bunga Daisy untuk Kesehatan, Dari Demam Hingga Flu!

Mampu Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat daun kangkung yang pertama ini baik untuk meningkatkan fungsi jantung. Karena banyak mengandung serat yang tinggi.

Sehingga sayuran ini bisa menjadi pilihan terbaik dan cocok bagi siapa saja yang menderita atau ingin mencegah penyakit tersebut.

Hal ini dikarenakan daun kangkung mengandung berbagai zat yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Tidak hanya itu, ia juga efektif dalam mencegah kerusakan pada dinding arteri tubuh manusia.

Baca Juga :  Migrain Saat Hamil? Kenali Penyebabnya dan Pengobatan yang Tepat

Manfaat daun yang satu ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menemukan bahwa mengkonsumsi jus kangkung dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. Kemudian juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 10%.

Baca Juga: Manfaat daun belimbing wuluh yang jarang diketahui banyak orang

Mampu Melawan Kanker

Ternyata daun kangkung juga memiliki potensi besar sebagai antikanker yang cukup baik. Kali ini manfaat daun kangkung juga bisa didapatkan dari adanya kumpulan senyawa bioaktif di dalam daunnya.

Jadi ini telah terbukti meningkatkan proses detoksifikasi tubuh dan melindungi sel dari kerusakan DNA. Nah, agar daun ini bisa dengan mudah menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker tersebut.

Tak hanya itu, kandungan berupa vitamin C dalam kangkung yang melimpah ini bisa mengurangi peradangan. Kemudian mampu mencegah bahaya oksidasi dalam tubuh dan memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia.

Tentu saja sifat seperti ini dapat berkontribusi untuk melindungi tubuh manusia dari kanker. Tak hanya itu, kandungan berupa vitamin C seperti ini bisa mencegah stres oksidatif.

Anda bisa mengolah daun kangkung ini misalnya seperti jus atau sayuran atau mungkin sebagai olahan dalam salad. Jika Anda rajin mengkonsumsinya, maka manfaat daun kangkung bisa sangat Anda rasakan. (R10/HR-Online)