Khasiat Daun Balakacida Bagi Tubuh, Mampu Mengatasi Luka!

Manfaat daun balakacida untuk kesehatan tubuh memang banyak yang belum tahu. Padahal daun balakacida ini mampu meredakan berbagai macam penyakit. Sehingga balakacida merupakan salah satu tanaman obat yang memiliki banyak manfaat.

Sementara itu, salah satu ciri daun balakacida adalah daunnya berbentuk lonjong dengan tepi bergerigi dengan tekstur kasar. Selanjutnya tanaman ini juga akan berbunga saat musim kemarau tiba dan dapat tumbuh di pekarangan rumah hingga persawahan.

Baca Juga: Manfaat Daun Kangkung untuk Kesehatan, Mampu Mencegah Kanker!

Manfaat Daun Balakacida yang Perlu Anda Ketahui

Memang, daun balakacida merupakan salah satu daun yang sering dianggap sebagai hama tanaman. Namun, banyak penelitian yang menyatakan bahwa daun ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Meski sering menjadi tanaman pengganggu, namun siapa sangka daun yang satu ini memiliki banyak manfaat berkat kandungannya yang baik. Selain itu, tanaman yang satu ini juga dapat digunakan sebagai pupuk organik bahkan obat tradisional.

Di dalam daun ini terdapat kandungan seperti alkaloid, fenol, limonene, tanin, hingga flavonoid yang dapat mencegah berbagai penyakit manusia. Nah, berikut ini beberapa manfaat daun balakacida yang penting untuk Anda lihat dan pahami.

Baca Juga: Manfaat Akar Bayam untuk Kesehatan, Mampu Mengatasi Keputihan!

Mengobati Kista

Manfaat daun balakacida yang pertama ini baik untuk kesehatan reproduksi wanita, salah satunya mengobati kista.

Sehingga daun balakacida seperti ini dapat membantu dalam mencegah berbagai penyakit pada alat reproduksi wanita.

Mulai dari mengobati kista yang menyerang organ reproduksi hingga mencegah kanker serviks. Seperti yang kita ketahui bahwa kanker serviks merupakan salah satu jenis kanker paling mematikan di dunia.

Untuk mencegah dan mengobati penyakit mematikan tersebut, wanita bisa memanfaatkan daun balakacida yang satu ini.

Baca Juga :  Cara Mengobati Folikulitis, Benjolan Di Sekitar Rambut Yang Bikin Gatal

Baca Juga: Manfaat Bunga Daisy untuk Kesehatan, Dari Demam Hingga Flu!

Mampu Mengobati Luka

Siapa sangka daun balakacida yang satu ini mampu dan manjur untuk mengobati luka. Hal ini karena daunnya mengandung antibakteri sehingga dapat mengobati luka pada kulit manusia.

Entah itu luka bakar atau mungkin luka karena virus dan bakteri. Tak hanya itu, daun yang satu ini juga bisa mengobati luka gores pada kulit.

Sehingga luka seperti ini bisa mengecil dan menutup secara perlahan karena kulit akan mengalami regenerasi baru. Untuk merasakan manfaatnya, Anda bisa meremukkan kasar daun ini dengan cara menggosokkannya lalu mengoleskannya pada luka.

Setidaknya lakukan cara ini secara rutin selama 2 sampai 3 hari sampai luka benar-benar sembuh.

Banyaknya manfaat daun balakacida seperti itu, jadi sebaiknya Anda mulai dari sekarang untuk tidak meremehkan keberadaannya. Karena meski banyak yang menganggapnya sebagai tanaman pengganggu, daun ini memiliki banyak khasiat yang tak terduga. (R10/Jam-Online)