Manfaat Bunga Cocor Bebek, Salah satunya Efektif Mengatasi Jerawat!

Manfaat bunga bebek cocor untuk kesehatan cukup beragam. Siapa yang tidak mengenal jenis tanaman ini karena kita dapat dengan mudah menemukannya di lingkungan sekitar.

Namun tahukah Anda berbagai manfaat yang terkandung dalam tanaman hias yang satu ini? Dengan nama latin Bryophyllum menyiripTernyata tanaman hias ini sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Baca juga: Manfaat Bunga Mawar untuk Kesehatan dan Kecantikan

Aneka Manfaat Bunga Bebek Cocor

Tanaman itik cocor merupakan salah satu jenis tanaman hias dengan penyebaran yang sangat cepat dan mudah. Dibalik bentuknya yang unik dan bunganya yang cantik, ternyata bebek cocor memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Tanaman yang satu ini banyak digunakan sebagai obat tradisional untuk mengurangi gangguan kesehatan. Daun cocor bebek mengandung senyawa kimia. Mulai dari flavonoid, lipid, steroid, alkaloid dan sejumlah senyawa lain yang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan obat.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut sejumlah manfaat bunga bebek cocor untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

Sebagai Antiseptik Luka

Tanaman itik cocor dapat digunakan sebagai antiseptik luka atau pengganti cairan pensteril. Dalam hal ini, cocor bebek memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat menghentikan peradangan ringan secara alami.

Cara menggunakannya cukup mudah. Hancurkan beberapa lembar daun cocor bebek, tambahkan sedikit air hingga berbentuk pasta.

Kemudian oleskan atau tempelkan pada luka, lalu diamkan beberapa jam. Bakteri dan kuman yang menempel pada luka akan menjadi lebih bersih. Dengan demikian proses penyembuhan akan lebih cepat.

Baca juga: Manfaat Bunga Telang, Bunga Cantik yang Ampuh untuk Detoksifikasi Tubuh

Baca Juga :  Kram Kaki di Malam Hari? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Meredakan Batuk Dingin dan Sakit Kepala

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari bunga bebek cocor adalah meredakan batuk, pilek, dan sakit kepala. Pasalnya, tanaman yang satu ini mengandung asam malat, magnesium malat, kalsium oksalat, asam format dan tanin yang dapat meredakan beberapa keluhan kesehatan.

Mulai dari demam, sakit kepala, hingga memperlancar haid. Kandungan antivirus, antibakteri dan antiradang pada tanaman itik cocor dapat mengatasi batuk dan pilek. Dalam hal ini, anda bisa merebus daun cocor bebek atau di blender menggunakan air secukupnya kemudian anda bisa meminumnya.

Bunga bebek cocor mengandung hidroalkohol yang bermanfaat sebagai obat alami penurun kolesterol. Dengan konsumsi ekstrak sebanyak 500 mg per kg berat badan terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Bahkan, pada saat yang sama juga dapat meningkatkan kolesterol baik.

Baca Juga : Khasiat Bunga Saffron, Herbal Termahal yang Bagus Untuk Otak Untuk Vitalitas

Mengatasi Jerawat

Sifat antibakteri dan antiinflamasi dari bunga bebek cocor dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Cara menggunakannya, Anda bisa haluskan beberapa lembar daun cocor bebek lalu campurkan dengan sedikit air dan jadikan pasta.

Oleskan pasta daun cocor bebek pada wajah, diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air hangat. Dengan pemakaian rutin, tidak hanya bisa menyembuhkan jerawat tapi juga menghilangkan jerawat di wajah.

Manfaat lain dari bunga bebek cocor yang bisa Anda dapatkan adalah dapat mengatasi masalah sembelit, mencegah peradangan dan mengatasi asma. Tanaman ini juga cukup mudah dalam hal perawatannya. Jadi selain bisa mendekorasi halaman rumah, kamu juga bisa merasakan berbagai manfaatnya. (R10/HR-Online)