Manfaat Rambut Ketiak dan 3 Alasan Sebaiknya Anda Tidak Mencukurnya

Manfaat bulu ketiak selain mencegah munculnya gangguan kesehatan dan mengurangi gesekan, juga mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi pemiliknya.

Meski begitu, tak sedikit orang yang menganggap bulu ketiak bisa mengganggu penampilan. Apalagi saat memakai baju lengan pendek.

Maka tak heran jika ada banyak perawatan khusus untuk menghilangkan bulu di kulit ketiak, termasuk membuatnya tampak lebih halus dan cerah.

Berbagai perawatan dilakukan mulai dari penggunaan deodoran, mencukur, waxingdll. Namun tak ada salahnya jika Anda membiarkan bulu-bulu halus tumbuh di lipatan ketiak Anda.

Pasalnya, rambut yang tumbuh di ketiak juga berpengaruh terhadap kesehatan lho. Mengutip dari laman Health Line, ada tiga manfaat bulu ketiak yang bisa membuat Anda enggan mencukurnya.

Lalu, apa saja manfaatnya? Simak saja penjelasannya berikut ini;

Baca juga: Deodoran Pengganti Tawas, Penghilang Bau Badan Alami

Ketahui 3 Manfaat Rambut Ketiak, Sebaiknya Jangan Dicukur

Mencegah Masalah Kesehatan

Rambut ketiak ternyata bermanfaat untuk mencegah munculnya masalah kesehatan. Itulah mengapa sebaiknya jangan mencukur atau mencukur terlalu sering waxing, terutama secara kasar.

Pasalnya, efek yang muncul akibat melakukan perawatan tersebut bisa memicu masalah kesehatan kulit ketiak.

Dengan tidak mencukur bulu-bulu halus di ketiak, Anda akan mendapatkan manfaatnya. Seperti mencegah tumbuhnya rambut yang tumbuh ke dalam, yaitu rambut yang tumbuh ke dalam akibat pencabutan secara paksa.

Sedangkan jika Anda sering mencabut bulu ketiak, maka akan menimbulkan jerawat pada kulit ketiak. Lalu, ada iritasi kulit yang berlangsung dalam jangka panjang.

Baca juga: Tahukah Anda Jenis-Jenis Deodoran Dan Fungsinya? Ini dia!

Baca Juga :  Olahraga Bakar Lemak Perut Aman dan Sehat, Ini Pilihannya!

Mencukur atau mencabut bulu ketiak juga dapat menyebabkan gesekan, serta luka bakar akibat pisau cukur.

Kurangi Gesekan

Selain dapat mencegah gangguan kesehatan, manfaat bulu ketiak juga dapat mengurangi gesekan. Terutama mencegah iritasi pada area lipatan kulit ketiak.

Mencukur bulu ketiak secara tuntas juga rawan memicu iritasi pada kulit akibat gesekan saat beraktivitas, atau dari pakaian yang terasa tidak nyaman.

Itulah alasan mengapa sebaiknya hindari memakai pakaian yang terlalu sempit agar tetap nyaman.

Selama beraktivitas, tubuh kita tidak selalu berkeringat dan setiap individu tidak akan mengalami hal yang sama.

Baca juga: Produk Penghilang Bau Badan, Cegah Ketiak Basah

Ketiak kering juga rentan terhadap iritasi jika gesekan disebabkan oleh kain yang terlalu kasar atau di antara kulit. Risikonya Anda akan merasa gatal atau perih, dan ini terasa sangat mengganggu.

Menciptakan Daya Tarik

Ternyata manfaat bulu ketiak juga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pemiliknya. Rata-rata orang mencukur bulu ketiaknya. Mereka mengira bahwa bulu halus di ketiak bisa mengganggu penampilan.

Padahal, Anda sebenarnya bisa menarik simpati lawan jenis dengan hadirnya bulu-bulu halus di lipatan lengan Anda.

Berdasarkan penelitian sejumlah ahli, ketiak mengandung feromon. Ini adalah salah satu bahan kimia alami yang dapat menciptakan daya tarik biologis.

Untuk menarik simpati orang lain, biarkan bulu-bulu halus tumbuh karena dapat membantu menangkap bau tak sedap di area lipatan.

Jadi bukan hanya parfum yang Anda kenakan, tetapi aroma tubuh Anda sendiri jauh lebih mudah diingat orang lain.

Membiarkan bulu ketiak tumbuh boleh saja asal tidak terlalu mengganggu kenyamanan Anda.

Anda tidak boleh mencukurnya untuk memaksimalkan manfaat bulu ketiak bagi kesehatan. Termasuk menambah daya tarik Anda. (R3/HR-Online/Editor-Eva)

Baca Juga :  Penyebab Hepatitis yang Harus Anda Ketahui