Manfaat Buah Dewandaru untuk Tubuh dan Kesehatan Lainnya, Simak!

Manfaat buah dewandaru mungkin jarang terdengar di telinga Anda. Anda bisa menemukan nama lain untuk buah pitanga ini di berbagai daerah. Siapa sangka buah dewandaru yang berukuran kecil seperti labu kuning ternyata memiliki banyak manfaat yang tak terduga.

Hadir dengan warna yang unik dan cerah, biasanya dalam satu pohon akan terdapat buah berwarna merah, kuning dan hijau. Tanaman ini akan sangat mudah ditemukan di Amerika Latin seperti Argentina, Brazil hingga Paraguay.

Baca juga: Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan, Mampu Atasi Anemia!

Manfaat Buah Dewandaru yang Perlu Anda Ketahui

Dewandaru alias cermin Belanda memang bukan asli Indonesia. Namun, tanaman ini berasal dari Brasil dan telah menyebar luas hingga ke tanah air.

Buah dengan nama latin eugenia uniflora Buah ini memiliki bentuk bulat dengan lekukan seperti labu. Bahkan buah yang satu ini juga sering digunakan dalam berbagai olahan puding dan kue.

Tidak hanya buahnya yang indah, tanaman ini juga mengandung banyak nutrisi, seperti flavonoid hingga vitamin C. Sehingga dengan mengkonsumsi buah ini dapat membawa banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Sayangnya belum banyak orang yang mengetahui tentang manfaat buah ini. Jika Anda salah satunya, maka berikut ini beberapa manfaat atau khasiat yang bisa Anda dapatkan saat mengonsumsi buah tersebut.

Baca Juga: Khasiat Buah Sapote Hitam Cukup Beragam, Punya Rasa Unik!

Mampu Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat buah dewandaru yang pertama ini mampu meningkatkan kesehatan pencernaan manusia. Seperti yang Anda ketahui, kebanyakan orang sering mengalami masalah pencernaan.

Jika Anda salah satunya, sebaiknya konsumsi saja buah dewandaru karena bisa menjadi solusi yang tepat. Bagaimana tidak, pasalnya dengan mengkonsumsi buah tersebut mampu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

Baca Juga :  Tanda Usus Tidak Sehat Penting untuk Diketahui, Ini Yang Paling Umum!

Khasiat buah ini adalah sebagai astringent yang membantu mengeringkan sekret untuk mengatasi masalah pencernaan. Tidak hanya itu, buah ini juga zat dan antiseptik yang dapat mengobati gangguan pencernaan.

Baca Juga: Beragam Manfaat Kesemek untuk Kesehatan, Buah Unik dengan Rasa Legit

Menghambat Radikal Bebas dan Mencegah Kanker

Dewandaru merupakan buah yang terkenal dengan kandungan antioksidannya yang tinggi. Sehingga akan berperan dalam melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Jika Anda mengkonsumsinya, tubuh Anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya akibat perkembangan sel yang tidak normal.

Jika Anda rajin mengkonsumsi buah ini, maka akan efektif untuk pencegahan penyakit kanker yang mematikan. Sehingga kesehatan sel-sel tubuh akan selalu terjaga dan terjaga.

Selain mengonsumsi buah ini untuk pencegahan kanker, Anda juga bisa menyeimbangkannya dengan beberapa makanan lainnya. Sehingga dengan begitu Anda akan mendapatkan manfaat yang lebih untuk kesehatan tubuh.

Manfaat buah dewandaru bisa anda dapatkan secara maksimal jika anda rajin mengkonsumsinya. Kemudian jangan lupa untuk menyeimbangkannya dengan makanan bergizi lainnya dan rajin melakukan aktivitas. (R10/HR-Online)