Manfaat Beras Basmati Bagi Tubuh yang Penting untuk Anda Ketahui

Ada banyak manfaat kesehatan dari beras basmati. Bentuk beras basmati ini lebih panjang dan memiliki aroma yang khas. Tentu saja, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat dari makanan sehat ini, karena mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh.

Sedangkan beras basmati ada dua jenis. Yang pertama berwarna coklat dan yang kedua berwarna putih. Keduanya juga memiliki banyak nutrisi melimpah yang baik untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Manfaat Karet Pisang yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Manfaat Beras Basmati Yang Wajib Anda Ketahui

Basmati sendiri adalah sejenis nasi biji-bijian panjang yang sangat populer dan terkenal di banyak negara. Meski berasal dari India, siapa sangka keberadaannya juga sangat mudah kita temukan di Indonesia.

Beras basmati juga memiliki banyak keunggulan dibandingkan jenis beras lainnya, seperti panjang dan aromanya yang khas. Tidak hanya itu, sifatnya yang tidak lengket membuatnya mampu menyerap air lebih banyak.

Bahkan, basmati juga jauh lebih sehat, karena mengandung lebih banyak zat gizi mikro yang baik untuk tubuh. Oleh karena itu, Anda harus mengkonsumsinya setiap hari. Karena memiliki peran yang baik untuk tubuh dan kesehatan.

Baca Juga: Manfaat Kismis untuk Kesehatan, Mampu Mencegah Risiko Kanker!

Dapat Mencegah Pembentukan Sel Kanker

Manfaat beras basmati yang pertama sangat efektif dalam mencegah pembentukan sel kanker. Pasalnya, produk ini mengandung serat yang jauh lebih banyak dibandingkan beras lainnya, yakni sekitar 20%.

Maka tak heran jika basmati ini bisa membantu mencegah pembentukan sel kanker di dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa hampir semua jenis kanker dapat kita cegah dengan mengonsumsi makanan yang tinggi serat.

Sementara itu, serat dalam beras basmati juga dikaitkan dengan pencegahan kanker kolorektal.

Baca Juga :  Makanan penyebab air ketuban keruh saat hamil, kenali sejak dini!

Bahkan dengan mengkonsumsinya setiap hari dapat membantu mengurangi resiko kanker hingga 17% lebih.

Baca Juga: Manfaat Nanas Madu untuk Kesehatan, Memiliki Kandungan Gizi Beragam!

Mampu Mengontrol Kadar Gula Darah

Beberapa nasi, terutama nasi putih, ternyata memiliki indeks glikemik yang cukup tinggi. Artinya mengkonsumsi nasi putih justru dapat meningkatkan kadar gula darah seseorang.

Nah, untuk meminimalisir risiko seperti ini, maka Anda harus bisa mencegahnya. Salah satunya dengan mengkonsumsi nasi basmati.

Karena beras jenis ini memiliki indeks glikemik yang lebih rendah, sehingga cocok sebagai sumber karbohidrat.

Selain mengandung indeks glikemik yang rendah, ternyata juga memiliki kandungan protein dan serat yang tinggi. Sehingga mampu menjaga kadar gula darah.

Sebenarnya banyak sekali manfaat dari beras basmati, seperti dapat meningkatkan kesehatan otak. Mengingat banyaknya manfaat beras, maka Anda bisa langsung mengkonsumsinya setiap hari agar kesehatan selalu terjaga. (R10/HR-Online)