Khasiat Akar Pinang yang Jarang Diketahui, Ternyata Ini Khasiatnya!

Tidak banyak orang yang mengetahui tentang manfaat akar pinang. Padahal akar buah pinang ini memiliki banyak sekali kandungan yang baik untuk tubuh. Maka tak heran jika akar pinang ini memiliki banyak manfaat tak terduga sebagai obat herbal.

Apalagi dalam dunia kesehatan, ternyata buah pinang memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, keberadaannya juga memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia.

Baca Juga: Manfaat Rumput Teka Teki yang Jarang Diketahui, Bisa Atasi Sakit Haid!

Manfaat Akar Pinang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Mungkin pohon pinang sudah tidak asing lagi di telinga kebanyakan orang pada umumnya, termasuk Anda mungkin?

Pasalnya, pohon yang sering dijadikan sarana untuk merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ini menyimpan banyak rahasia yang tak terduga.

Bagaimana tidak, karena pohon dengan buah kecil menyerupai buah kelapa ini memiliki banyak manfaat atau manfaat bagi tubuh.

Sedangkan ciri khas dari buah pinang ini sendiri adalah batangnya yang berwarna kuning kehijauan dengan ukuran yang cukup tinggi.

Tidak hanya buahnya, akar pinang juga baik untuk kesehatan karena memiliki banyak kandungan. Mulai dari Alkaloid, Guvacine, Guvakolin, hingga Alkaline yang baik untuk tubuh. Lalu apa saja manfaatnya?

Baca Juga: Khasiat Daun Balakacida Bagi Tubuh, Mampu Mengatasi Luka!

Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat akar pinang yang pertama adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh seseorang.

Hal ini karena akarnya mengandung Guvacine yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Seperti yang kita ketahui bahwa di dalam tubuh manusia sistem imun dapat berkembang sesuai dengan nutrisi yang diterimanya.

Namun, dalam kebanyakan kasus, ada banyak orang yang lebih memilih untuk meningkatkan kekebalannya dengan berbagai cara.

Baca Juga :  Makanan pantangan untuk penyakit hernia yang harus dihindari

Sementara itu, ada salah satu cara terbaik yang ampuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh, yaitu dengan mengonsumsi ramuan akar pinang. Jadi meminum air rebusan buah pinang sangat efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga: Manfaat Daun Kangkung untuk Kesehatan, Mampu Mencegah Kanker!

Menormalkan Rahim dan Memperkuat Gairah

Bagi wanita, maka selama hamil hingga melahirkan, kondisi rahim tentu akan melebar sesuai dengan ukuran bayi.

Sedangkan setelah melahirkan juga akan membuat rahim lebih lebar dan sebagian tidak bisa kembali normal.

Nah, agar kondisi rahim bisa kembali normal, maka Anda bisa mencoba menikmati akar pinang untuk mengecilkan ukuran rahim. Caranya sangat mudah, yaitu dengan merebus 2 gelas hingga tersisa satu gelas dan diminum sehari sekali secara rutin.

Tak hanya itu, akar pinang juga mampu memperkuat gairah dalam hubungan suami istri. Mengingat bahwa memiliki hubungan suami istri sangat penting untuk menciptakan suasana yang harmonis.

Maka untuk menambah keharmonisan dalam keluarga, meminum air rebusan buah pinang adalah pilihan yang tepat dan bermanfaat.

Namun cara lain adalah dengan menumbuk akarnya sampai halus kemudian dikeringkan dan direbus kemudian airnya diminum. Banyak sekali manfaat buah pinang untuk tubuh yang khasiatnya akan terbukti jika dikonsumsi secara rutin. (R10/HR-Online)