Manfaat Akar Bayam untuk Kesehatan, Mampu Mengatasi Keputihan!

Manfaat akar bayam memang banyak yang belum tahu. Bahkan, sebagian dari mereka sering membuang akar bayam. Namun pada kenyataannya, akar bayam seperti ini memiliki banyak manfaat sebagai obat herbal, terutama untuk kesehatan tubuh.

Seperti yang kita ketahui bahwa bayam sendiri merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat. Nah, selain daunnya saja, siapa sangka ternyata akarnya juga memiliki banyak manfaat. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: Manfaat Bunga Daisy untuk Kesehatan, Dari Demam Hingga Flu!

Manfaat Akar Bayam Baik untuk Kesehatan Manusia

Bayam merupakan tumbuhan hijau dengan ciri khas daun bulat dan berukuran tidak terlalu besar. Biasanya tinggi tanaman ini kurang lebih 30 cm dan memiliki jenis akar tunggang dan akar serabut.

Selain daunnya, ternyata akar bayam juga memiliki banyak manfaat atau khasiat yang baik untuk tubuh kita. Bagaimana tidak, karena akar bayam ini mengandung nutrisi seperti serat, protein, zat besi hingga zat anti inflamasi dan anti bakteri.

Tentunya dengan berbagai macam kandungan seperti itu, tak heran jika manjur untuk mengobati berbagai penyakit. Nah, berikut ini beberapa manfaat yang harus Anda ketahui tentang akar bayam. Apakah kamu?

Baca Juga: Manfaat Daun Patikan Kebo untuk Kesehatan, Bisa Mengobati Asma!

Mampu Mengatasi Anemia dan Sistem Pencernaan

Salah satu manfaat akar bayam yang pertama adalah mampu mengatasi anemia alias kurang darah. Hal ini berkat kandungan berupa zat besi yang akan berperan dalam pembentukan sel darah merah.

Seperti yang kita ketahui bahwa sel darah merah (hemoglobin) berguna untuk mengangkut oksigen dan nutrisi ke dalam tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsi kandungan zat besi seperti dari akar bayam dapat meningkatkan efektifitas produksi sel darah merah.

Baca Juga :  Minuman Pencegah Dehidrasi Selain Air Putih, Segar dan Alami!

Siapa sangka akar bayam seperti ini bisa membuat pencernaan Anda jauh lebih lancar. Hal ini berkat kandungan alami dari akar tanaman ini yang dapat mengikat sisa makanan dalam pencernaan.

Tak hanya itu, akar bayam seperti ini juga ampuh untuk mencegah penyakit seperti sembelit. Jadi jika Anda rajin mengkonsumsinya, maka sembelit tidak akan menyerang tubuh Anda lagi dan tidak akan mengganggu kesehatan.

Baca Juga: Manfaat daun belimbing wuluh yang jarang diketahui banyak orang

Bisa Mengatasi Keputihan

Memang, keputihan pada seorang wanita memang bisa dianggap sebagai hal yang normal dan tidak normal. Nah, keputihan yang normal adalah keputihan yang akan terjadi pada masa subur seorang wanita (tidak berwarna dan berbau).

Namun jika tidak normal maka akan muncul keputihan dalam jumlah banyak, berbau, dan berwarna keruh. Kondisi keputihan juga bisa menjadi gejala infeksi pada organ reproduksi wanita.

Jika Anda mengalaminya, maka Anda bisa memanfaatkan akar bayam karena mengandung antibakteri. Sehingga efektif untuk mengatasi infeksi pada organ reproduksi dan mengurangi keputihan.

Untuk penggunaannya, Anda bisa membersihkannya, lalu merebusnya dengan air hingga mendidih. Minum selagi kondisi masih hangat agar manfaat akar bayam bisa lebih efektif dan manjur. (R10/HR-Online)