Makanan penyebab gatal-gatal penting untuk diketahui, apa sajakah itu?

Makanan penyebab gatal sangat penting lho. Sebab, jika Anda mengabaikannya, makanan ini bisa membuat rasa gatal yang Anda rasakan semakin parah. Saat mengalami gatal parah hanya akan mengganggu aktivitas, sehingga Anda perlu memahami beberapa pantangan makanan.

Setiap orang bisa mengalami gatal-gatal dan biasanya itu terjadi karena banyak hal. Misalnya alergi makanan dan debu.

Kondisi gatal ini sangat menyiksa dan mengganggu saat melakukan aktivitas. Diperlukan lebih banyak perhatian untuk mengurangi rasa gatal. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghindari makanan tertentu.

Baca Juga: Makanan Penyebab Usus Kotor Seperti Ini Harus Anda Hindari!

Pelajari Tentang Makanan Yang Menyebabkan Gatal

Tak hanya berasal dari udara dan debu, rasa gatal juga bisa terjadi akibat makanan yang Anda konsumsi. Sebab, ada zat tertentu yang terkandung dalam makanan tersebut. Hal ini menyebabkan rasa gatal, bahkan rasa gatal yang semakin parah.

Alergi makanan ini bersifat akut atau mendadak, namun bisa juga berlangsung lama.

Untuk kasus yang lebih parah, kondisi ini juga bisa menyebabkan pasien mengalami syok anafilaksis yang bisa berakibat fatal.

Oleh karena itu, mengetahui beberapa makanan penyebab gatal sangatlah penting. Berikut ini adalah beberapa makanan penyebab gatal yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: Makanan Penyebab Kreatinin Tinggi Berbahaya, Harus Dihindari!

Gila

Beberapa dari Anda mungkin sering mengonsumsi kacang-kacangan, baik dimakan langsung maupun dalam bentuk selai.

Jika Anda mengalami gatal-gatal, akan lebih baik untuk tidak makan kacang. Hal ini agar tidak memperparah rasa gatal pada ruam kulit.

Pasalnya, kacang-kacangan mengandung protein spesifik yang bisa memicu respon imun tubuh. Tak hanya itu, mengonsumsi kacang juga bisa memicu ruam, wajah bengkak, sesak napas, mual, diare, hingga masalah pencernaan.

Baca Juga :  Makanan yang Harus Dihindari Saat Promil Agar Cepat Hamil!

Biasanya alergi kacang sering muncul saat anak berusia 14 bulan hingga 12 tahun. Jika Anda memiliki riwayat ini, pastikan untuk menghindari makanan yang mengandung kacang-kacangan.

makanan laut

Makanan penyebab gatal selanjutnya adalah seafood. Makanan laut jenis ini berpotensi menimbulkan rasa gatal, bahkan memperparah kondisi kulit.

Hal ini dikarenakan protein dalam seafood cukup berbahaya bagi antibodi dan tidak dapat diterima oleh tubuh.

Selain itu, makanan laut termasuk dalam kelompok krustasea dan moluska. Makanan yang dapat menyebabkan alergi dan memperparah gatal. Meski bergizi, Anda tetap harus menghindari jenis makanan laut tertentu.

Baca Juga: Makanan Penyebab Lipoma dan Pantang Pasca Operasi, Simak!

Gandum

Gandum juga merupakan salah satu alergen makanan. Hal ini karena makanan tersebut mengandung karbohidrat dan tinggi serat.

Meski kandungannya sangat bermanfaat bagi kesehatan, namun bagi sebagian orang yang mengonsumsinya bisa menyebabkan gatal-gatal. Tentu saja rasa gatal bisa terjadi akibat konsumsi gandum yang berlebihan.

Makanan penyebab gatal pada kulit tentu tidak dialami oleh semua orang. Tetapi ketika Anda makan makanan ini dan gatal-gatal tidak hilang atau bahkan menjadi lebih serius. Pastikan untuk segera datang ke dokter untuk memeriksakannya. (R10/HR-Online)