Makanan Cegah Penuaan Dini, Tips Awet Muda Alami!

Makanan pencegah penuaan dini cukup beragam. Memiliki tubuh dan wajah yang awet muda merupakan dambaan banyak orang.

Sebenarnya, kita bisa mendapatkan tubuh dan wajah awet muda sekaligus. Meski selama ini banyak orang yang lebih fokus memiliki wajah awet muda.

Padahal kita bisa membuat tubuh “awet” seperti wajah. Jika wajah awet muda, maka akan ditandai dengan halus, kencang, dan bebas kerutan.

Sedangkan untuk tubuh yang awet muda adalah memiliki tulang yang kuat, gigi yang utuh, dan otot yang ideal di hari tua menjelang senja. Dengan demikian tubuh dan wajah yang awet muda akan membuat seseorang terlihat lebih sehat dan bugar seperti remaja.

Baca Juga: Artis Korea Awet Muda di Usia 40-an dan Tips Kecantikan

Daftar Makanan yang Mencegah Penuaan Dini

Proses penuaan tubuh pasti akan terjadi. Hal ini seringkali membuat sebagian orang merasa insecure. Namun Anda tidak perlu khawatir terlihat tua dan keriput, karena ada cara alami yang bisa Anda lakukan untuk menjaga tubuh tetap awet muda.

Banyak orang menginginkan kulit yang tetap kencang, mulus, sehat dan tidak keriput meski di usia muda. Mereka dapat mencapainya dengan selalu menjaga sel-sel tubuh terlindungi dari paparan radikal bebas dan berbagai efek negatifnya. Cara mudah untuk melakukannya adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan.

Kandungan nutrisi dan antioksidan dalam makanan sehat tidak hanya dapat menjaga kekebalan dan kesehatan tubuh, tetapi juga dapat memberikan manfaat yang baik untuk kulit. Dapat membuat kulit tampak lebih muda. Berikut berbagai makanan yang bisa bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, di antaranya:

Baca Juga :  Menu Sahur Hari Pertama Puasa Sehat dan Nikmat, Ini Rekomendasinya!

Baca juga: Tips Merawat Kulit Wajah Pria 40 Tahun Agar Terlihat Lebih Muda

Seluruh makanan

Berdasarkan penelitian, mengonsumsi makanan utuh dapat mengurangi risiko kerutan dan penuaan dini pada kulit. Contoh makanan utuh termasuk buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, minyak dengan lemak sehat, beras merah, telur, dan yogurt. Ini karena makanan utuh kaya akan lemak sehat, antioksidan, dan fitokimia.

Ikan

Ikan yang kaya akan kandungan omega 3 juga menjadi salah satu pilihan makanan sehat yang berguna untuk mencegah penuaan dini. Dengan mengkonsumsi ikan dapat menjaga keremajaan kulit. Hal ini karena ikan juga dapat memperkuat membran sel pada kulit. Kulit akan selalu lebih lembab dan lembut bahkan di usia muda.

Baca juga: Fungsi Kolagen untuk Tubuh, Mengatasi Nyeri Sendi dan Membuat Anda Terlihat Lebih Muda

Buah dan Sayuran Berwarna

Buah dan sayuran yang memiliki warna cerah diakui memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Hal ini dapat membantu dalam mencegah kerusakan sel-sel kulit. Seperti semangka, alpukat, tomat, wortel, blueberry dan sayuran hijau.

Selain itu, buah-buahan yang kaya akan vitamin C dan E juga masuk dalam daftar makanan pencegah penuaan dini. Selain memiliki fungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, vitamin C juga berguna untuk membentuk kolagen yang dapat membuat kulit lembab dan kenyal. Mengkonsumsi sayuran hijau juga dapat membantu mencegah kerutan pada kulit. (R10/HR-Online)