Makanan yang Harus Dihindari Saat Sembelit, Apa Saja?

Makanan yang harus dihindari saat sembelit harus Anda perhatikan agar kondisinya tidak semakin parah. Sembelit atau dengan kata lain sembelit dapat diartikan sebagai keadaan susah buang air besar (BAB).

Pada umumnya, saat Anda sedang sembelit atau sembelit, aktivitas buang air besar terjadi kurang dari tiga kali seminggu.

Jika Anda salah satu orang yang sering mengalami kondisi ini, maka tidak perlu khawatir, karena hal ini merupakan hal yang biasa terjadi pada banyak orang.

Salah satu faktor penyebab sembelit adalah kurangnya asupan serat. Bagi seseorang yang kurang asupan serat, buang air besar akan mengalami kelambatan.

Dengan demikian, bentuk tinja akan berubah menjadi lebih kering dan mengeras di perut. Jadi ada masalah sembelit.

Baca Juga: Makanan yang Dilarang untuk Iritasi Usus, Apa Saja Itu?

Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Sembelit

Agar terhindar dari sembelit atau sulit buang air besar, penting untuk mengetahui berbagai jenis makanan yang memicu kondisi tersebut, di antaranya:

Makanan olahan

Meski cukup praktis untuk Anda sajikan, namun makanan olahan tidak baik untuk Anda konsumsi dalam jangka panjang.

Makanan olahan seperti nugget, sosis, kornet, dan sebagainya mengandung kadar lemak dan garam yang tinggi.

Kandungan lemak dan garam inilah yang membuat sistem pencernaan harus bekerja ekstra untuk mencernanya. Oleh karena itu, makanan olahan termasuk dalam jenis makanan yang perlu Anda hindari saat mengalami sembelit.

Baca Juga: Makanan Penyebab Wasir, Dari Makanan Pedas Hingga Asin

Makanan yang Mengandung Gluten

Gluten adalah protein yang ditemukan dalam biji-bijian. Seperti kamut, gandum, serta triticale. Gluten ditemukan dalam banyak makanan seperti sereal, pasta, atau roti.

Baca Juga :  Workshop Danone-AMSI, Ahli Gizi UI Serukan Pentingnya Hidrasi Bagi Tubuh

Seseorang mungkin mengalami sembelit atau kesulitan buang air besar saat mengonsumsi jenis makanan ini, sehingga sebisa mungkin makanan tersebut harus dihindari.

Jenis makanan ini juga menyebabkan kambuhnya sulit buang air besar bagi penderita intoleransi gluten atau diabetes seliaka.

Makanan cepat saji

Jenis makanan yang harus Anda hindari saat sembelit adalah makanan cepat saji. Selain itu, makanan cepat saji juga cukup berisiko meningkatkan hipertensi dan penyakit kronis lainnya.

Makanan cepat saji tinggi lemak dan rendah serat. Dengan kombinasi keduanya dapat memperlambat pergerakan usus halus dalam mencerna makanan.

Baca Juga: Makanan pantangan bagi penderita kelenjar tiroid, apa saja pantangannya?

daging merah

Kandungan lemak dan protein yang terdapat pada daging merah cukup tinggi. Jika kita bandingkan dengan karbohidrat, usus akan lebih panjang dan lebih sulit mencerna protein dan lemak.

Dengan demikian, risiko sembelit akan meningkat ketika seseorang mengonsumsi daging merah secara berlebihan, karena sistem pencernaan akan bekerja lebih keras.

Makanan lain yang harus dihindari selama sembelit termasuk makanan tinggi gula, telur, berbagai jenis produk susu dan sebagainya.

Selain menghindari jenis makanan tersebut dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi, Anda juga perlu banyak mengonsumsi air putih, dan cukup berolahraga. Sehingga sistem pencernaan dapat bekerja dengan lancar. (R10/HR-Online)