Makanan yang Dilarang untuk Jahitan, Simak Jenisnya!

Makanan yang dilarang untuk dijahit memang patut kita perhatikan. Hal ini penting agar bekas jahitan bisa cepat sembuh dengan menghindari makanan yang dilarang. Karena jahitan tidak akan sembuh jika memakan makanan yang tabu.

Bahkan untuk ibu hamil yang melahirkan dengan operasi caesar akan ada jahitan di perutnya untuk mengeluarkan bayinya. Ada beberapa pantangan makanan yang tidak boleh dikonsumsi selama masa penyembuhan agar tidak semakin parah.

Baca Juga: Makanan Penyebab Lipoma dan Pantang Pasca Operasi, Simak!

Makanan yang Dilarang untuk Luka Jahitan, Tentang Apa Saja?

Seperti yang kita ketahui bahwa tujuan dari tindakan menjahit luka adalah untuk menutup luka yang terbuka pada permukaan kulit.

Tak hanya itu, tindakan menjahit pada kulit juga akan mempercepat proses penyembuhan luka.

Namun sebelum dokter menjahit bekas luka tersebut, terlebih dahulu ia akan memastikan bahwa tubuh pasien dalam keadaan steril. Jadi salah satu caranya adalah dengan membersihkan lukanya.

Setelah dokter akhirnya menjahit, pasien tidak boleh sembarangan dalam mengonsumsi makanan atau minuman. Karena ada beberapa pantangan yang harus mereka waspadai agar luka cepat sembuh dan kering.

Baca Juga: Makanan Mempercepat Penyembuhan Luka Caesar Kanan

Makanan Tinggi Gula

Makanan yang dilarang untuk tusukan pertama ini adalah berbagai makanan dengan kadar gula yang sangat tinggi. Hal ini karena jenis makanan tersebut akan menyebabkan lonjakan gula darah dalam tubuh dan berakibat pada penyembuhan luka.

Nah, beberapa jenis makanan yang banyak mengandung gula seperti cookies, donat, roti, dan berbagai cemilan manis lainnya.

Bahkan nasi yang banyak kandungan gulanya harus kita hindari jumlah porsinya yang berlebih agar gula darah tidak meningkat.

Daripada makan nasi putih, akan lebih baik lagi jika Anda menggantinya dengan jenis karbohidrat lain. Misalnya seperti kentang, gandum, dan beras merah sebagai pengganti nasi putih.

Baca Juga :  Faktor Pemicu Asma yang Harus Dihindari, Pengendalian Risiko Lebih Efektif!

Baca Juga: Makanan Gula Darah Tinggi Yang Harus Anda Ketahui dan Hindari

Makanan pedas

Bagi orang yang baru saja menjalani operasi seperti operasi caesar, lebih baik menghindari makanan pedas. Karena makanan pedas ini bisa menyebabkan masalah perut yang bisa menyebabkan kontraksi berlebihan.

Meski Anda menyukai makanan pedas, sebaiknya hindari saat Anda baru saja menjalani operasi pada permukaan kulit. Jika Anda memaksanya, bekas luka akan membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh.

Tidak hanya itu, beberapa jenis makanan lain seperti ayam, ikan asin, telur, tuna, dan makanan berminyak tidak boleh dikonsumsi. Karena jika dipaksakan, kemungkinan jahitannya akan sembuh dalam waktu yang sangat lama.

Ada baiknya jika pasca operasi makan makanan yang banyak mengandung vitamin dan mineral. Misalnya seperti sayuran hijau, tomat, brokoli, hingga jeruk.

Beberapa makanan yang dilarang untuk jahitan seperti ini juga harus Anda hindari. Tujuannya agar bekas luka bisa lebih cepat kering dan sembuh. (R10/HR-Online)