Makanan Pemicu Jari dan Cara Mengatasinya, Simak Ini!

Makanan untuk trigger finger penting untuk kita bahas, mengingat kondisi ini sering terjadi pada banyak orang.

Nah, trigger finger sendiri merupakan kondisi saat trigger finger alias jari terkunci.

Jari terjepit adalah suatu kondisi di mana ketidakmampuan untuk menekuk dan meluruskan jari disebabkan oleh tendon yang terjepit.

Jika Anda pernah mengalami kondisi ini, ini adalah cubitan mekanis pada tendon fleksor saat melewati jaringan ikat yang menebal di tangan.

Baca Juga: Makanan untuk Mengecilkan Mioma yang Baik untuk Dikonsumsi

Makanan Pemicu Jari yang Aman untuk Anda Konsumsi

Trigger finger adalah suatu kondisi ketika jari terasa kaku saat diregangkan atau ditekuk dan bisa terjadi pada siapa saja. Biasanya kondisi seperti ini bisa terjadi saat mengetik terlalu lama atau menggunakan smartphone secara berlebihan.

Namun, Anda juga bisa mengobati trigger finger dengan banyak cara, hanya saja tergantung dari tingkat keparahannya sendiri, termasuk istirahat.

Nah, trigger finger ini akan terjadi saat selubung pelindung yang mengelilingi jari meradang.

Seringkali trigger finger ini dianggap hampir sama dengan carpal tunnel syndrome, karena keduanya memiliki gejala yang sama.

Dapat mempengaruhi gerakan tangan, kemudian menurunkan kemampuan tangan untuk bekerja, bahkan dapat menimbulkan rasa nyeri.

Baca Juga: Makanan yang baik untuk GERD, membuat perut lebih nyaman

biji-bijian

Makanan untuk trigger finger dari biji-bijian mengandung lebih banyak serat, antioksidan, dan nutrisi lain daripada biji-bijian olahan.

Karena penyerapan serat totalnya cukup tinggi untuk mengurangi gejala radang sendi pada jari seperti osteoarthritis.

Tak hanya sehat, kandungan fitokimia dan antioksidan dalam biji-bijian seperti vitamin B, E, magnesium, dan selenium juga baik. Anda bisa makan berbagai biji-bijian ini seperti sereal utuh, gandum, tepung jagung utuh, dan beras merah.

Baca Juga :  Gejala Kanker Serviks Stadium Dini Perlu Waspada, Sadari Sejak Dini!

Ikan dengan Omega 3

Ikan kaya akan asam lemak omega 3 yang mampu menghambat peradangan pada jari. Setidaknya ada dua asam lemak omega 3 penting yang dapat ditemukan pada ikan.

Bahkan dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa orang yang makan ikan dua kali seminggu, memiliki aktivitas penyakit yang lebih rendah.

Karena kandungan nutrisi ikan telah terbukti mempengaruhi kekebalan tubuh seseorang dan peradangan akibat rematik.

Baca Juga: Makanan untuk Penderita Varises Esofagus Baik Dikonsumsi, Cek!

Cara Lain Mengobati Trigger Finger

Mengkonsumsi obat anti inflamasi non steroid atau NSAID serta pereda nyeri seperti parasetamol dan ibuprofen bisa menjadi pilihan. Karena obat seperti ini bisa menjadi solusi terbaik untuk meredakan rasa sakit dan peradangan pada jari tangan.

Bahkan penyuntikan obat steroid ke dalam selubung tendon juga bisa menjadi cara untuk mengobati kondisi ini. Anda dapat mengambil dua suntikan untuk mengurangi peradangan pada selubung tendon toples Anda.

Cara lain yang paling sederhana adalah mengistirahatkan jari dari aktivitas Anda seperti mengetik. Ini dimaksudkan untuk meredakan peradangan pada tendon jari Anda.

Makanan untuk trigger finger dan cara penanganannya seperti itu bisa jadi pilihan Anda. (R10/HR-Online)