Makanan untuk Kesehatan Otak dan Saraf, Konsumsi Ini!

Makanan untuk kesehatan otak dan saraf sangat beragam. Pemenuhan kebutuhan nutrisi tidak hanya untuk kesehatan tubuh. Namun, itu juga sangat penting untuk menjaga kesehatan otak dan saraf.

Karena otak dan saraf merupakan organ yang memiliki peran penting dalam diri seseorang. Jadi perkembangan dan kesehatannya sangat penting untuk Anda jaga.

Baca juga: Makanan Penyebab Tumor Otak yang Perlu Anda Waspadai!

Daftar Makanan untuk Kesehatan Otak dan Saraf

Berikut sejumlah makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan otak dan saraf, di antaranya:

Brokoli

Ini adalah salah satu jenis sayuran yang kaya akan vitamin K. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa konsumsi vitamin K berkaitan erat dengan peningkatan memori otak.

Selain itu, vitamin K juga dapat membantu dalam pembentukan sfingolipida yang merupakan jenis lemak yang memiliki peran penting dalam perkembangan otak.

Brokoli juga sangat kaya akan molekul antioksidan dan zat yang melindungi dari peradangan. Jadi, zat anti inflamasi dan antioksidan ini dipercaya oleh para ahli dapat membantu mencegah kerusakan otak dan saraf.

lemak ikan

Makanan untuk kesehatan otak dan saraf selanjutnya adalah lemak yang berasal dari ikan. Seperti salmon, tuna, dan sarden yang mengandung Omega-3.

Kandungan ini mampu membentuk 60% kesehatan otak seseorang. Selain itu, omega 3 juga dapat membangun otak dan sistem saraf.

Baca juga: Makanan Tinggi Asam Lemak Omega 3, Baik untuk Kekebalan Sperma

Badam

Almond adalah salah satu makanan ringan yang paling enak dan populer. Sayangnya, mereka yang sedang menjalani program diet seringkali enggan menikmati kacang gurih ini.

Baca Juga :  Perbedaan Kanker dan Tumor Serupa Tapi Tak Sama, Jangan Salah!

Seperti yang kita ketahui bahwa kacang almond merupakan salah satu kacang terbaik yang kaya akan vitamin E dan asam lemak omega-3. Maka tak heran jika ini termasuk dalam makanan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak dan saraf.

Dengan secara teratur menambahkan segenggam almond ke dalam makanan Anda, Anda sebenarnya dapat membantu menjaga kesehatan otak.

Untuk hasil yang lebih baik, Anda juga bisa merendam almond dalam air semalaman dan mengonsumsinya di pagi hari.

percaya

Telur merupakan salah satu jenis makanan yang berguna untuk menjaga kesehatan otak dan saraf yang cukup mudah ditemukan. Telur mengandung nutrisi penting seperti vitamin B12 (cobalamin), vitamin B6 (piridoksin), vitamin B9 (folat), dan kolin.

Kolin merupakan nutrisi yang memiliki peran penting dalam tubuh, yaitu untuk menghasilkan asetilkolin dan juga neurotransmitter yang berfungsi dalam mengontrol memori dan suasana hati.

Studi terkait kolin ini menemukan bahwa tingkat nutrisi terkait erat dengan fungsi mental serta memori yang sangat baik. Perlu Anda ketahui, di dalam kuning telur sebagian besar kolin terkonsentrasi, jadi sayang untuk melewatkan bagian itu.

Baca juga: Manfaat Anggur Merah Untuk Menghaluskan Kulit Untuk Mencerdaskan Otak

Produk kedelai

Kedelai dan produk olahannya juga merupakan makanan untuk otak dan saraf yang sangat mudah ditemukan.

Produk kedelai kaya akan polifenol dan molekul antioksidan. Sebagai informasi, polifenol dapat menurunkan risiko demensia dan meningkatkan kemampuan kognitif.

Masih banyak variasi makanan lain yang bisa Anda konsumsi. Namun, yang terbaik adalah mencari saran dari ahli gizi dan dokter.

Dengan demikian Anda bisa memperoleh manfaat yang optimal dan keamanan konsumsi makanan yang lebih baik untuk kesehatan otak dan saraf. (R10/HR-Online)

Baca Juga :  Sakit Kepala Petir Berbahaya, Kenali Gejala dan Penyebabnya