Makanan Sehat untuk Jantung dan Perut, Simak Daftar Pilihannya!

Makanan sehat untuk jantung dan perut yang bisa dikonsumsi cukup beragam. Jantung dan perut adalah organ penting dalam tubuh manusia.

Kedua organ tersebut memiliki fungsi masing-masing yang dapat membuat seseorang dapat melakukan aktivitas secara normal.

Namun ada kalanya kedua organ ini mengalami gangguan. Gangguan tersebut umumnya terjadi karena beberapa faktor.

Jika kita mengabaikannya, bisa berakibat fatal.

Baca juga: Makanan Mengandung Lemak Baik Dapat Melindungi Jantung

Daftar Makanan Sehat untuk Jantung dan Perut

Jantung dan perut cukup rentan terhadap beberapa jenis penyakit. Bahkan kasus penyakit jantung dan perut yang paling parah pun bisa berdampak negatif bagi tubuh, bahkan membahayakan nyawa seseorang.

Sebagai organ penting dalam tubuh, kesehatan jantung dan perut perlu dijaga setiap saat. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan kedua organ ini adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Berikut ini adalah daftar makanan sehat untuk jantung dan perut yang bisa Anda konsumsi, di antaranya:

Ikan salmon

Salah satu ikan yang mengandung asam lemak omega-3 yang berdasarkan penelitian sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Omega-3 merupakan asam lemak tak jenuh yang berguna untuk menurunkan kadar trigliserida darah.

Perlu Anda ketahui, bahwa kadar trigliserida darah yang tinggi sangat berpengaruh terhadap peningkatan risiko penyakit jantung. Karena mengandung asam lemak tak jenuh, ikan salmon juga sangat aman untuk lambung.

Baca juga: Buah Baik untuk Perut dan Mengatasi GERD

sayuran hijau

Jenis makanan sehat untuk jantung dan perut berikutnya adalah sayuran hijau. Tak perlu diragukan lagi, sayuran hijau bisa memberikan manfaat yang sangat kaya untuk tubuh.

Baca Juga :  Penyebab Hepatitis yang Harus Anda Ketahui

Aneka jenis sayuran hijau terdiri dari kangkung, sawi, bayam, dan lain sebagainya. Semua sayuran ini dikenal kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan yang sangat tinggi.

Selain itu, sayuran hijau juga kaya akan vitamin K dan nitrat. Bahkan sayuran hijau dipercaya dapat menjaga tekanan darah, meningkatkan fungsi sel-sel yang melapisi pembuluh darah, dan mengurangi kekakuan sel.

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa seseorang yang rajin mengonsumsi sayuran hijau memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung. Manfaat lain dari sayuran hijau adalah dapat mengatasi sakit maag atau asam lambung.

Pasalnya, sayuran hijau rendah gula dan lemak sehingga bisa mengurangi peningkatan kadar asam lambung.

Makanan dengan kandungan lemak rendah dapat mempercepat pengosongan lambung dan sistem pencernaan. Hal ini tentunya dapat meminimalisir kemungkinan asam lambung kembali naik ke kerongkongan.

Baca juga: Jaga Kesehatan Jantung Anda dengan Makanan Terbaik

Havermut

Hampir semua orang sudah familiar dengan jenis makanan yang satu ini. Oatmeal sendiri memiliki fungsi sebagai spons pada saluran pencernaan, sehingga dapat menyerap kolesterol dengan lebih baik.

Selanjutnya, dapat dikeluarkan dari tubuh melalui aliran darah. Pada umumnya kolesterol jahat akan masuk ke dalam aliran darah dan menumpuk yang dapat menyebabkan timbulnya flek pada dinding jantung.

Selain itu, oatmeal sering menjadi pilihan snack untuk program diet.

Masih banyak lagi jenis makanan sehat untuk jantung dan perut yang bisa Anda konsumsi. Seperti pisang, pepaya, hingga bumbu. (R10/HR-Online)