Makanan Penyebab Usus Kotor Seperti Ini Harus Anda Hindari!

Makanan yang menyebabkan usus kotor harus dihindari. Karena jika dipaksakan, maka makanan tersebut akan menyebabkan usus Anda menjadi kotor. Yang lebih parah adalah usus yang kotor membuat sulit buang air besar, jadi penting untuk menghindari makanan tabu ini.

Saat ini banyak sekali faktor yang menyebabkan usus manusia menjadi kotor sehingga mengganggu kesehatan pencernaan. Padahal usus sendiri merupakan bagian yang sangat penting dari sistem pencernaan di dalam tubuh.

Saat usus kotor, tidak hanya bisa mengalami sembelit, tapi gangguan kesehatan lainnya bisa terganggu. Jika tidak ingin mengalaminya, sebaiknya hindari beberapa makanan berbahaya tersebut.

Baca Juga: Makanan yang Harus Dihindari Saat Sembelit, Apa Saja?

Makanan Penyebab Usus Kotor yang Perlu Diwaspadai

Usus sendiri merupakan salah satu bagian dari sistem pencernaan yang memiliki peran yang sangat penting dalam tubuh. Saat usus kotor, bukan hanya sembelit, tapi ada beberapa masalah kesehatan lain yang bisa terganggu.

Bahkan, kebanyakan orang sering mengeluh ketika sudah makan banyak buah tapi malah jadi sembelit. Nah, kondisi seperti itu menandakan bahwa usus mereka sedang mengalami kotor. Salah satu alasannya adalah makan makanan tertentu.

Karena mengonsumsi makanan tertentu juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab usus kotor. Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin seperti itu, lebih baik hindari makanan tersebut.

Baca Juga: Pantang Makan Radang Usus, Hindari Jika Tidak Ingin Kambuh!

Gorengan

Makanan penyebab usus kotor seperti berbagai macam gorengan seperti mendoan, tahu goreng, keripik, dan lain sebagainya. Meski memiliki rasa yang enak, namun jika dikonsumsi terlalu banyak bisa sangat berbahaya bagi tubuh.

Bagaimana tidak, pasalnya jika kita terlalu banyak makan gorengan seperti itu bisa menyerang usus. Karena makanan seperti ini akan menyebabkan usus menjadi kotor dan sistem pencernaan menjadi terganggu.

Baca Juga :  Makanan penyebab kram otot di tubuh yang perlu dihindari

Perlu Anda ketahui bahwa gorengan akan membuat tubuh Anda bekerja ekstra untuk memecah lemak. Sehingga pada akhirnya lemak akan menempel dan menyebabkan usus menjadi kotor.

Baca Juga: Makanan pantangan saat diare, hindari jika tidak ingin bertambah parah!

daging merah

Anda harus menghindari daging merah dan jangan berlebihan. Karena daging merah seperti ini banyak mengandung lemak yang sangat tinggi.

Nah, lemak yang tinggi ternyata bisa membuat usus besar berkontraksi untuk menghasilkan zat kimia yang bisa menyumbat pembuluh darah. Oleh karena itu, sebaiknya hindari beberapa jenis daging merah seperti domba, sapi, kambing, dan daging rusa.

Ada baiknya jika Anda mengonsumsi daging lain seperti ayam dan ikan yang rendah lemak. Selain itu, ikan dan ayam juga merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh dan tidak berbahaya.

Sebenarnya masih banyak makanan penyebab usus kotor, namun sebaiknya Anda juga menghindari beberapa makanan tersebut. Sebaiknya Anda tidak mengonsumsi makanan pedas dan berbagai buah-buahan yang tinggi fruktosa seperti pir, apel, dan mangga. (R10/HR-Online)