Makanan penyebab sering kentut, perlu diperhatikan konsumsinya

Makanan yang sering menyebabkan kentut ada di menu yang harus kita hindari. Namun di satu sisi, kita juga harus mengonsumsi makanan tabu tersebut.

Mengapa demikian? Karena seseorang yang tidak bisa kentut memiliki masalah kesehatan. Namun, terlalu sering kentut juga tidak baik. Apalagi kalau kentut di tempat umum, maka baunya menyengat.

Meski kentut merupakan hal yang biasa, nyatanya bisa mengganggu aktivitas. Kentut itu normal dan sehat. Banyak orang yang mengatakan jika kita sering kentut bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan.

Kentut alias perut kembung akan terjadi ketika lambung dan usus berusaha memecah makanan menjadi energi.

Baca juga: Makanan penyebab kanker mulut dan cara pencegahannya

Dalam kehidupan sehari-hari, ternyata banyak sekali makanan yang menyebabkan kita sering kentut. Untuk itu konsumsi harus benar-benar diperhatikan.

Ketahuilah, orang sehat pada usia 21 hingga 59 tahun akan buang angin sebanyak 10 kali setiap hari. Kentut sendiri adalah sisa feses, proses pencernaan yang terdapat di dalam tubuh.

Seperti pengetahuan umum juga, bila gas tidak dikeluarkan maka akan diserap kembali oleh tubuh.

Makanan penyebab sering kentut, perhatikan!

Tentu setiap orang tidak ingin malu karena kentut. Tapi semua orang juga tidak mau dirawat di rumah sakit karena tidak bisa kentut.

Jika sebelumnya dijelaskan bahwa orang normal berusia 21 hingga 59 akan kentut 10 kali sehari, lalu jika lebih dari 10 kali bukankah itu normal?

Baca juga: Makanan penyebab kesemutan dan cara mengatasinya

Bisa jadi. Namun akan lebih baik jika Anda menyimak informasi berikut ini untuk mengetahui makanan apa saja yang sebenarnya menyebabkan kita mudah kentut.

Baca Juga :  Herbal Alami Untuk Perut Kembung, Ini Rekomendasi Terbaik!

Sayuran Gas Tinggi

Untuk makanan penyebab pertama sering kentut adalah sayuran yang memiliki kandungan gas tinggi. Meski sayuran ini tergolong sehat, namun sayuran dengan kandungan gas tinggi itulah yang membuat Anda akan lebih sering kembung.

Apa sayurannya? Ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui sayuran apa saja yang memiliki kandungan gas tinggi. Mereka juga hanya berpikir bahwa sayuran itu sehat untuk segalanya.

Dalam kubis, brokoli, kembang kol, dan sejenisnya yang melepaskan glukosinolat, yaitu zat organik yang mengandung belerang.

Hal ini menyebabkan bakteri usus mengubah belerang menjadi ion sulfat dan besi. Setelah itu, sulfat dan besi akan mengalami metabolisme, kemudian menjadi hidrogen sulfida.

Nah, hidrogen sulfida inilah yang menyebabkan kentut. Apalagi kentutnya bau.

Makanan yang Mengandung Pati

Kemudian makanan kedua yang menyebabkan sering kentut adalah makanan yang mengandung pati. Perlu Anda ketahui, sebenarnya makanan bertepung mengandung kandungan karbohidrat yang tinggi.

Namun jika makanan tersebut dipecah akan menjadi energi, sedangkan makanan yang tinggi karbohidrat akan menghasilkan gas.

Karena itu, sebaiknya batasi konsumsi makanan yang mengandung pati. Untuk menghindari masalah perut kentut.

Serta roti, sereal, pasta, dan sejenisnya. Bisa juga makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh.

Buah Tinggi Gula Alami

Selain itu, ada buah-buahan yang memiliki kandungan gula alami yang tinggi. Kita tahu bahwa buah itu sehat dan menyegarkan.

Namun beberapa buah justru menjadi makanan penyebab sering kentut. Begitu juga dengan apel, pisang, pir, dan lain-lain.

Bahkan, beberapa orang akan mengalami kembung karena makan buah. Pada saat itu, sistem pencernaannya tidak memecah semua gula yang terkandung dalam buah yang Anda konsumsi sebelumnya.

Baca juga: Makanan Penyebab Berat Badan Naik, Batasi Agar Tetap Ideal

Baca Juga :  Makanan pantangan untuk perut buncit yang harus kamu perhatikan!

Kismis dan buah persik juga menjadi penyebab sering kentut. Tak hanya buah, makanan yang tinggi fruktosa juga akan menyebabkan kita sering kentut.

Tidak hanya akan sering kentut, Anda juga akan mengalami gangguan pencernaan seperti itu intoleransi fruktosa.

Makanan tinggi protozoa biasanya ditemukan dalam jus buah kemasan, bawang putih, bawang merah, sirup jagung, serta sayuran seperti asparagus, kacang polong, dan zucchini.

Minuman berkarbonasi

Tak hanya itu, minuman berkarbonasi juga menjadi penyebab kita sering kentut. Karena makanan ini menyebabkan Anda terus menelan banyak udara.

Kemudian udara berada di saluran pencernaan dan Anda harus mengeluarkannya. Sedangkan satu-satunya cara adalah dengan mengeluarkan gas.

Jadi, jika Anda memilih minuman bersoda, pilihlah yang tidak mengandung pemanis buatan. Seperti sorbitol. Pasalnya, minuman tersebut tidak akan terserap sempurna oleh tubuh dan difermentasi oleh bakteri.

Bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan atau tidak bisa kentut, mungkin beberapa makanan ini bisa menjadi solusi Anda. Namun, bagi Anda yang sehat dan bugar, sebaiknya perhatikan beberapa makanan penyebab Anda sering kentut. (R10/HR-Online)