Makanan Apa yang Menyebabkan Migrain? Anda Harus Waspada!

Makanan penyebab migrain atau sakit kepala perlu Anda hindari. Karena tidak sedikit orang yang merasakan gangguan kesehatan yang menimbulkan rasa sakit yang tak tertahankan.

Migrain menyebabkan nyeri otot leher dan sangat sensitif terhadap cahaya. Banyak faktor yang memicu gangguan kesehatan ini.

Mulai dari kurang tidur, stres, kadar glukosa darah tinggi, pola makan, hingga mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Namun perlu Anda waspadai, makanan juga bisa memicu migrain untuk menyerang kapan saja. Anda perlu mewaspadai beberapa makanan yang mengandung zat yang justru membuat rasa sakit Anda tak kunjung hilang.

Daftar Makanan Penyebab Migrain Terbesar, Hati-Hati Mengkonsumsinya!

Tahukah Anda, makanan yang mengandung zat tertentu yang Anda konsumsi berpotensi besar memicu sakit kepala. Berikut daftarnya.

Daging Olahan

Daftar makanan pertama yang perlu Anda perhatikan adalah daging olahan. Jenis makanan ini mengandung bahan pengawet berupa senyawa nitrat.

Baca juga: Makanan Penyebab Sakit Punggung Jangan Diremehkan, Cek Disini!

Tahukah Anda, senyawa ini memiliki efek yang sama dengan zat pemicu migrain. Seperti melebarkan pembuluh darah.

Sebuah studi kasus pada tahun 1970 menunjukkan, daging olahan sering disebut sebagai pemicu migrain. Banyak orang melaporkan mengalami migrain karena terlalu banyak mengonsumsi hot dog.

Hingga saat ini, makanan penyebab migrain ini menjadi pemicu utama bagi individu yang sensitif terhadap senyawa nitrat.

Daging olahan ini berupa sosis, ham, kornet, dan lain-lain. Namun tidak semua penderita migrain akan bereaksi sama setelah mengonsumsinya. Untuk menghindari gejala tersebut, Anda harus berhati-hati.

Makanan Fermentasi

Selanjutnya adalah makanan fermentasi. Makanan tersebut antara lain kimchi, acar, tape, tempe, dan kombucha. Beberapa makanan ini mengandung histamin dan tiramin.

Baca Juga :  Manfaat Rambut Ketiak dan 3 Alasan Sebaiknya Anda Tidak Mencukurnya

Banyak orang yang sensitif terhadap senyawa ini. Makanan ini bisa menjadi penyebab migrain dalam kondisi tertentu, baik saat migrain kambuh maupun seseorang yang bukan penderita migrain sebelumnya.

Meski makanan ini termasuk dalam golongan pemicu migrain, namun tak sedikit yang menyukainya bahkan memakannya setiap hari. Sebaiknya hindari makanan ini jika Anda termasuk penderita yang sering mengalami sakit kepala.

Semua Makanan Asin

Bagi Anda yang menyukai makanan asin, sebenarnya tidak masalah. Namun jika Anda sering mengalami sakit kepala hingga migrain yang parah, sebaiknya Anda menghindarinya.

Baca juga: Makanan penyebab sering kentut, perlu diperhatikan konsumsinya

Makan terlalu banyak makanan asin bisa memicu sakit leher hingga migrain yang sangat menegangkan.

Kandungan bahan makanan penyebab migrain memiliki bahan pengawet di dalamnya dan cukup berbahaya bagi sebagian orang.

Natrium dalam kadar tinggi dalam makanan asin dapat meningkatkan tekanan darah yang memicu kecepatan serangan migrain.

Karena itu, Anda perlu membatasinya. Jika perlu Anda menghindarinya. Makanan asin ini berupa olahan ikan asin dan olahan lainnya.

Makanan beku

Makanan beku olahan merupakan salah satu makanan favorit yang cara pengolahannya cukup sederhana sehingga menjadi makanan instan yang banyak peminatnya. Makanan beku tersebut antara lain makanan siap saji, tempura, jelly, hingga es krim.

Apalagi makanan yang disantap saat dingin. Makanan ini bisa menjadi penyebab rasa sakit menusuk di kepala yang membuat Anda sering migrain.

Ini akan berbahaya, terutama jika Anda mengonsumsinya setelah berolahraga atau setelah kepanasan.

Cokelat

Selain makanan yang disebutkan di atas, makanan selanjutnya adalah cokelat. Cokelat adalah makanan favorit semua orang.

Menurut American Migraine Foundation, cokelat adalah penyebab paling umum migrain setelah makanan dingin.

Baca Juga :  Herbal Atasi Keputihan, Ini Pilihan Terbaiknya

Faktanya, sekitar 22 persen penderita migrain setuju bahwa cokelat adalah pemicu migrain terbesar. Banyak orang merasakannya setelah makan cokelat.

Baca juga: Makanan penyebab hipertiroidisme, hindari sebagai bentuk pencegahan

Cokelat mengandung kafein dan phenylethylamine. Bukan berarti semua orang merasakan hal yang sama. Makanan ini hanya bisa memicu migrain pada orang yang sensitif terhadap kandungan coklat.

Jika Anda sudah merasakan migrain, lebih baik Anda menghindarinya. Mengkonsumsi makanan tersebut dalam jumlah berlebihan hanya akan memicu migrain yang lebih parah.

Camilan Dengan MSG

Siapapun pasti punya hobi ngemil jajanan. Namun mengonsumsi makanan ringan yang mengandung MSG cukup berbahaya bagi Anda yang menderita migrain. Kandungan monosodium glutamate terdapat pada makanan kemasan dengan rasa yang gurih dan asin.

The American Migraine Foundation telah mencatat bahwa 10 sampai 15 persen orang mengalami migrain parah setelah makan makanan ini.

Anda perlu mengetahui makanan penyebab migrain sejak dini agar terhindar dari serangan yang bisa terjadi sewaktu-waktu. (R10/HR-Online)